Iptek post authorPatrick Sorongan 21 September 2021

Sodom Dikutuk Allah lewat Meteor: 1.000 Kali Bom Atom Hiroshima

Photo of Sodom Dikutuk Allah lewat Meteor:  1.000 Kali  Bom Atom Hiroshima ILUSTRASI LEDAKAN - Penggambaran ledakan berdasarkan bukti oleh seniman, yang diklaim memiliki kekuatan 1.000 bom atom Hiroshima. (Kredit gambar: Allen West dan Jennifer Rice, CC BY-ND/via Live Science)

DALAM Kitab Perjanjian Lama, dikisahkan bahwa Sodom dihancurkan oleh Allah karena penduduknya sangat berdosa. Ketika sudah meninggalkan kota, Nabi Luth dari kejauhan menyaksikan bahwa api terus berjatuhan dari langit untuk membakar kota.

Para ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu pun membuktikan kebenaran kisah Alkitabiah itu. Kota terkutuk ini diyakini adalah sebuah kota kuno di Timur Tengah bernama Tall el-Hammam yang hancur lebur akibat hantaman sebuah batu luar angkasa, 3.600 tahun silam.

Meteor atau asteroid ini meledak dalam bola api raksasa dengan kekuatan1yang .000 kali bom atom yang melumat Hiroshima, Jepang, pada masa Perang Dunia II.

Ketika penduduk Tall el-Hammam sedang melakukan bisnis sehari-hari,  mereka  tidak tahu bahwa sebuah batu dari ruang es yang tak terlihat,  sedang melaju ke arah mereka berkecepatan sekitar 38.000 mph (61.000 kph).

Mendadak Muncul dari Atmosfir Bumi

Berkedip melalui atmosfer, batu itu meledak dalam bola api besar sekitar 2,5 mil (empat kilometer) di atas tanah. Penduduk kota yang terkejut menatapnya langsung dibutakan.

Suhu udara dengan cepat naik di atas 3.600 derajat Fahrenheit (2.000 derajat Celcius). Pakaian dan kayu segera terbakar. Pedang, tombak, batu bata lumpur, dan tembikar,meleleh, dan hampir seketika, seluruh kota pun terbakar.

Murka Allah tak hanya sampai di situ. Beberapa detik kemudian, gelombang kejut besar menghantam kota. Bergerak dengan kecepatan sekitar 740 mph (1.200 kph), gelombang itu lebih kuat daripada badai tornado terburuk yang pernah tercatat dalam sejarah umat manusia.

Angin yang mematikan ini merobek-robek  kota, menghancurkan setiap bangunan, memotong bagian atas istana empat lantai setinggi 40 kaki (12 meter), dan meniup puing-puing yang bercampur aduk ke lembah berikutnya.

Tak satu pun dari 8.000 orang atau hewan di dalam kota yang selamat. Tubuh mereka terkoyak-koyak  dan tulang mereka hancur berkeping-keping.

Sekitar satu menit kemudian, 14 mil (22 kilometer) di sebelah barat Tall el-Hammam, angin dari ledakan menghantam kota Yerikho. Tembok Yerikho pun runtuh, dan kota terbakar habis.

Tidak ada yang tahu pasti apa yang terjadi, tetapi lapisan itu tidak disebabkan oleh gunung berapi, gempa bumi, atau peperangan. Tak satu pun dari semua itu yang mampu melelehkan logam, batu bata lumpur, dan tembikar.

Penyebab dan kronologi kehancuran kota kuno tersebut baru saja terungkap lewat penelitian dari sebuah tim kolaborasi. Tim ini terdiri dari arkeolog Phil Silvia, arkeolog Christopher R Moore dari Universitas Carolina Selatan, AS, ahli geofisika Allen West, ahli geologi Ted Bunch,  dan fisikawan ruang angkasa Malcolm LeCompte.

Artikel ini awalnya diterbitkan di The Conversation. Publikasi tersebut menyumbangkan artikel tersebut ke Live Science's Expert Voices: Op-Ed & Insights.

Dilansir Suara Pemred dari Live Sience, Selasa, 21 September 2021, tulisan di media ilmiah ini ditulis kembali oleh Christopher R Moore, arkeolog dari Universitas Carolina Selatan, AS.

Moore bergabung dengan staf Program Penelitian Arkeologi Sungai Savannah pada 2008, menerima gelar BS di bidang Antropologi dari Appalachian State University pada 1997. Gelar MA di  bidang Antropologi diterimanya dari East Carolina University pada 2000; gelar PhD di bidang Manajemen Sumber Daya Pesisir (dengan fokus pada Geosains) dari East Carolina University pada  2009.

Minat penelitian Chris meliputi geoarkeologi, penanggalan luminescence (OSL), arkeologi pemburu-pengumpul, iklim Kuarter Akhir dan adaptasi manusia, GIS, dan penginderaan jauh.

"Untuk mengetahui semua itu, kelompok kami menggunakan Kalkulator Dampak Online untuk membuat model skenario yang sesuai dengan bukti. Dibangun oleh ahli dampak, kalkulator ini memungkinkan peneliti untuk memperkirakan banyak detail dari peristiwa dampak kosmik, berdasarkan peristiwa dampak dan ledakan nuklir yang diketahui," ungkap Moore.

Mirip Asteroid yang Hantam Rusia Tahun 1908
Berdasarkan penelitian, lanjut Moore,  penyebab utama kehancuran Tall el-Hammam adalah sebuah asteroid kecil, yang mirip dengan asteroid yang pada 1908 merobohkan 80 juta pohon di Tunguska, Rusia.

"Memang asteroid ini  adalah versi yang jauh lebih kecil dari batu luar angkasa raksasa selebar bermil-mil,  yang mendorong dinosaurus punah 65 juta yang lalu. Kami memiliki kemungkinan pelakunya asteroid itu. Sekarang,  kami membutuhkan bukti lain tentang apa yang sebenarnya terjadi hari itu di Tall el-Hammam," kata Moore.

Penelitian yang dilakukan itu mengungkapkan pula serangkaian bukti yang sangat luas. Di situs tersebut ditemukan butiran pasir yang retak halus.

Disebut kuarsa terguncang, butiran ini  hanya terbentuk pada tekanan 725.000 pon per inci persegi (lima gigapascals), yang sebanding enam tank militer Abrams seberat 68 ton ditumpuk di ibu jari Anda.

Lapisan yang hancur tersebut juga mengandung diamonoid kecil, yang seperti namanya, sekeras berlian. Masing-masing kandungan ini lebih kecil dari virus flu.

Tampaknya,  kayu dan tanaman di daerah itu langsung berubah menjadi bahan seperti berlian karena tekanan dan suhu bola api yang tinggi.

Eksperimen dengan tungku laboratorium menunjukkan bahwa tembikar yang menggelegak dan batu bata lumpur di Tall el-Hammam telah mencair pada suhu di atas 2.700 F (1.500 C). Itu cukup panas untuk melelehkan mobil dalam beberapa menit.

Lapisan hang hancur itu  juga mengandung bola-bola kecil dari bahan yang meleleh lebih kecil dari partikel debu di udara.

Disebut spherule, partikel ini merupakan besi dan pasir yang diuapkan yang meleleh pada suhu sekitar 2.900 F (1.590 C).

Selain itu, permukaan tembikar dan kaca lelehan berbintik-bintik dengan butiran logam kecil yang meleleh, termasuk iridium dengan titik leleh 4.435 F (2.466 C), platinum yang meleleh pada 3.215 F (1.768 C) dan zirkonium silikat pada 2.800 F (1.540 C) C).

Semua bukti ini menunjukkan bahwa suhu di kota tersebut naik lebih tinggi daripada gunung berapi, peperangan, dan kebakaran kota biasa.

Satu-satunya proses alami yang tersisa adalah dampak kosmik.

Bukti yang sama ditemukan di lokasi tumbukan yang diketahui, seperti Tunguska dan kawah Chicxulub, yang diciptakan oleh asteroid telah memicu kepunahan dinosaurus.

Jutaan Asteroid masih Mengancam

Satu teka-teki yang tersisa adalah mengapa kota dan lebih dari 100 pemukiman daerah lainnya ditinggalkan selama beberapa abad setelah kehancuran ini.

Mungkin,  kadar garam yang tinggi yang tersimpan selama peristiwa tumbukan,  membuat tanah tidak mungkin digunakan untuk bercocok tanam.

"Kami belum yakin, tapi kami pikir bahwa ledakan itu mungkin telah menguapkan,  atau memercikkan kadar racun dari air asin Laut Mati ke seberang lembah. Tanpa tanaman, tidak ada yang bisa hidup di lembah hingga 600 tahun, sampai curah hujan minimal di iklim seperti gurun ini menghanyutkan garam dari ladang," ujar Moore.

Apakah ada saksi mata yang selamat dari ledakan itu?

Ada kemungkinan, deskripsi lisan tentang kehancuran kota mungkin telah diturunkan dari generasi ke generasi hingga tercatat sebagai kisah Sodom dalam Alkitab.

Alkitab menggambarkan kehancuran pusat kota dekat Laut Mati di mana batu dan api jatuh dari langit, lebih dari satu kota hancur, asap tebal membubung dari api,  dan penduduk kota terbunuh.

Mungkinkah ini catatan saksi mata kuno?

Jika demikian, penghancuran Tall el-Hammam mungkin merupakan penghancuran tertua kedua dari pemukiman manusia oleh peristiwa dampak kosmik, setelah desa Abu Hureyra di Suriah sekitar 12.800 tahun yang lalu.

Tetapi yang penting, itu mungkin catatan tertulis pertama dari peristiwa bencana semacam itu. Hal yang menakutkan adalah, hampir pasti bahwa peristiwa ini bukan kali terakhir kota manusia mengalami serupa.

Semburan udara seukuran Tunguska, seperti yang terjadi di Tall el-Hammam, dapat menghancurkan seluruh kota dan wilayah, dan menimbulkan bahaya modern yang parah.

Pada September 2021, ada lebih dari 26 ribu asteroid dekat Bumi yang diketahui,  dan seratus komet berusia pendek di dekat bumi.

Salah satu asteroid ini  pasti akan menabrak bumi. Jutaan lainnya tetap tidak terdeteksi, dan beberapa mungkin menuju ke bumi,  sekarang ini.

Kecuali jika teleskop yang mengorbit atau berbasis darat mendeteksi benda-benda jahat ini, dunia mungkin tidak memiliki peringatan, sama seperti penduduk Tall el-Hammam.***