Kapuas Hulu post authorKiwi 02 Maret 2021 276

Gapensi Siap Bermitra dengan Pemda Membangun Kapuas Hulu

Photo of Gapensi Siap Bermitra dengan Pemda Membangun Kapuas Hulu

PUTUSSIBAU, SP- Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kapuas Hulu menyatakan kesiapannya untuk membangun kemitraan dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam pelaksanaan pembangunan daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bumi Uncak Kapuas.

Ketua Gapensi Kapuas Hulu, Buhari Muslim, menyampaikan, sebagai asosiasi jasa konstruksi pihaknya berperan dalam pelaksanaan pembangunan daerah guna bersinergi dengan Pemda dalam hal pengadaan barang dan jasa sesuai dengan undang undang nomor 2 tahun 2017 tentang jasa konstruksi.

"Termasuk juga yang tertuang dalam Permen PUPR nomor 7 tahun 2019 tentang standar dan pedoman pengadaan jasa konstruksi, kemudian juga diatur dalam peraturan LKPP nomor 4 tahun 2017 tentang organisasi dan tata kerja lembaga dalam kebijakan pengadaan barang/ jasa pemerintah, "terang Dia Selasa (2/3)

Lanjut, pria yang akrab disapa Unggal ini, menghadapi tantangan global dan era four point O tentunya berbagai regulasi dan kebijakan pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat terutama wilayah pelosok daerah seperti adanya peningkatan akses infrastruktur jalan desa dan kecamatan yang memadai.

"Seperti jalan dan jembatan yang menghubungkan antar kecamatan dan desa maupun antar desa ke desa untuk mempermudah akses transportasi barang dan orang,"tutur Dia

Ditambahkan Dia, apalagi mengingat saat ini sedang menghadapi pandemi Covid 19, dimana berdampak pada sektor perekonomian masyarakat. Oleh sebab itu, perencanaan pembangunan yang tepat sasaran serta dalam upaya perbaikan perekonomian masyarakat diyakini mampu memulihkan aktifitas perekonomian.

"Pemda juga dapat melibatkan unsur masyarakat dalam pembangunan dengan menerapkan sistim swakelola dan pekerjaan yang bersifat padat karya,"jelas Dia.

Kemudian dalam perencanaan strategis pembangunan daerah tentunya harus menyelaraskan dengan program RPJMD Pemda Kapuas Hulu.

"Dengan Pemda melakukan kemitraan keberbagai asosiasi termasuk Kadin, ini merupakan langkah awal dalam mengembangkan potensi daerah yang bersifat ekonomis baik sektor pertanian, perikanan, perkebunan, perternakan dan pemanfaatan hasil alam termasuk kandungan mineral yang dapat dieksploitasi dan dieksplorasi secara industri baik skala kecil maupun besar,"paparnya

Lanjutnya, bila hal tersebut dapat terealisasi oleh Pemda Kapuas Hulu dalam kurun waktu jangka pendek dan menengah maka secara otomatis pendapatan asli daerah (PAD) dan kesejahteraan masyarakat akan meningkat.

"Kemudian hal yang perlu diperhatikan terkait dengan perizinan industri kreatif baik yang skala lokal maupun nasional agar dapat dipermudah oleh Pemda sehingga kegiatan disektor swasta dapat berkembang pesat,"sampainya. (Sap)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda