A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: unserialize(): Error at offset 2000 of 5263 bytes

Filename: database/DB_cache.php

Line Number: 151

Backtrace:

File: /home/u1253762/public_html/application/models/Frontend_model.php
Line: 119
Function: get

File: /home/u1253762/public_html/application/controllers/Frontend.php
Line: 81
Function: read_post

File: /home/u1253762/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once

Pemda Kapuas Hulu Jamin Jaga Harga TBS Petani — Suarapemredkalbar.com
Kapuas Hulu post authorKiwi 14 Oktober 2021

Pemda Kapuas Hulu Jamin Jaga Harga TBS Petani

Photo of Pemda Kapuas Hulu Jamin Jaga Harga TBS Petani ILUSTRASI SAWIT.NET

PUTUSSIBAU,SP- Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kapuas Hulu  telah melaksanakan kegiatan Rapat Verifikasi Usulan Indeks "K" kelapa sawit produksi perkebunan Kabupaten Kapuas Hulu bulan Mei 2021.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kapuas Hulu, Paskalis Shap mengatakan, Rapat Verifikasi Usulan Indeks "K" kelapa sawit produksi perkebunan Kapuas Hulu merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh pihaknya, untuk menentukan Usulan Indeks "K" hasil TBS  (Buah Tandan Segar) petani.

"Intinya dari indeks K ini adanya kesepakatan harga sawit di Kabupaten Kapuas Hulu maupun di Provinsi Kalimantan Barat, jadi hasil dari indeks K kita disini. Kita ajukan ke provinsi nanti di provinsi akan diverifikasi lagi, untuk mencapai harga kesepakatan," katanya, Rabu (13/10).

Pria yang akrab disapa Kaka ini menyampaikan, kegiatan ini dilakukan untuk memastikan harga petani dijaga, dijamin serta dibina oleh pemerintah, indeks K di bulan ini mengalami kenaikan, walaupun dipengaruhi oleh musim, sehingga ada beberapa perusahaan yang produksinya menurun, tetapi itu tidak berpengaruh signifikan terhadap kenaikan indeks K.

"Indeks K untuk bulan Oktober ini, sebesar 93,62 persen, sedangkan bulan September, 93, 59 persen jadi ada kenaikan 0,03 persen," ucapnya.

Kaka mengharapkan, tetap dilakukan pembinaan pengawasan khususnya untuk hasil produksi petani bukan hanya petani koperasi pemerintah dan perusahaan tetapi juga petani sawit mandiri, supaya petani itu punya pasar untuk menjual hasil TBS mereka.

"Diharapkan juga dari perusahaan perkebunan membantu pemerintah dalam hal ini," katanya. (sap)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda