Kapuas Hulu post authorKiwi 14 Juli 2021

Kodim 1206 Putussibau Siap Back Up Polisi Lakukan Penindakkan Peti di Beringin Jaya

Photo of Kodim 1206 Putussibau Siap Back Up Polisi Lakukan Penindakkan Peti di Beringin Jaya Istimewa

PUTUSSIBAU,SP- Dandim 1206 Putussibau, Letkol Inf. Jemi Oktis Oil menyatakan kesiapan pihaknya untuk memback up kepolisian dalam menertibkan aktifitas pertambangan emas ilegal (Peti) di Desa Beringin Jaya Kecamatan Bunut Hulu.

Dandim 1206 Putussibau, Letkol Inf. Jemi Oktis Oil, menjelaskan, aktifitas Peti sangat berdampak negatif terhadap lingkungan. Selama ini masyarakat yang melakukan aktifitas pertambangan emas diwilayah tersebut belum ada yang mengantongi ijin.

"Selama ijinnya belum ada Polisi bisa melakukan penegakkan aturan/ penindakkan, posisi TNI jika diminta bantuan kami siap untuk memback up kepolisian dalam melakukan penertiban,"sampainya Rabu (14/7).

Dandim menyampaikan, terkait penertiban Peti yang dilakukan di Desa Beringin Jaya tersebut, dari pihak kepolisian sejauh ini belum memberikan informasi atau mengajak pihaknya untuk secara bersama sama turun kelapangan melakukan penindakkan.

" Jika kita melihat di di Sambas dan Singkawang TNI disana dilibatkan untuk melakukan penindakkan terkait aktifitas pertambangan ilegal tersebut,"jelasnya

Diterangkan Dandim, Dalam penertiban Peti akan menimbulkan dampak sosial kepada masyarakat, mengingat selama ini sebagian masyarakat disana menggantungkan hidup dari Peti untuk memenuhi kebutuhan hidup.

"Mereka sudah terbiasa mendapatkan uang dengan cara yang mudah dari menambang emas,"tuturnya

Untuk itu, sebelum dilakukan Penindakkan hendaknya Pemda memberikan solusi yakni dengan menyediakan lapangan usaha bagi masyarakat seperti mengarahkan mereka untuk bertani dan berkebun.

"Biasanya yang bekerja di Peti itu juga kebanyakan anak anak dibawah umur, kondisi ini tentu sangat mengkhawatirkan generasi muda kita kedepan,"ungkapnya.

Lanjutnya, dimana mereka tidak lagi memikirkan masalah pendidikan karena mudahnya menghasilkan uang dari Peti. (Sap)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda