Kapuas Hulu post authorKiwi 16 Juni 2020 78

Festival Danau Sentarum 2020 Batal

Photo of Festival Danau Sentarum 2020 Batal Festival Danau Sentarum pada tahun 2019.

PUTUSSIBAU, SP - Kabid Pariwasata dan Ekonomi Kreatif Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kapuas Hulu, Agus Triyono mengatakan bahwa Festival Danau Sentarum 2020 di Kecamatan Batang Lupar dibatalkan.

Pembatalan tersebut dikarenakan anggaran kegiatan Festival Danau Sentarum tersebut sudah ditarik oleh pemerintah pusat berdasarkan PMK No 35/PMK 07/2020 tentang Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun Anggaran 2020 dalam Rangka Penanganan Pandemi Covid-19.

"Sebenarnya Festival Danau Sentarum direncanakan akan dilaksanakan pada 3-5 Desember 2020, namun karena Covid-19 ini dibatalkan," katanya.

Kegiatan Festival Danau Sentarum ini masuk dalam kalender of even wonderful Indonesia Kementrian Pariwisata. Dalam Festival Danau Sentarum 2020 ini, pihaknya merencanakan untuk tetap menonjolkan budaya dan alam.

"Kabupaten Kapuas Hulu sebagai paru-paru dunia,100 persen wilayahnya masuk wilayah heart of borneo atau jantung Kalimantan Barat, dimana lebih dari 51 persen masuk dalam kawasan Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TNBKDS) dengan luas TNBK lebih kurang 800 ribu hektare dan TNDS kurang lebih 132 ribu hektare," paparnya.

Menurutnya, Festival Danau Sentarum ini merupakan salah satu komitmen Pemkab Kapuas Hulu. Bahkan dalam visi misi Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu kegiatan festival ini menjadi prioritas.

"Karena banyak kelebihan, banyak potensi yang ada di Kapuas Hulu, pariwisata tetap masuk dalam visi misi Bupati," sampainya.

Dikatakan bahwa Danau Sentarum memiliki banyak kelebihan yang unik di dunia, baik flora maupun fauna. Dengan dibatalkannya Festival Danau Sentarum ini maka pelaksanaan festival akan dilaksanakan tahun mendatang.

Kegiatan lain juga banyak dibatalkan karena Covid-19.

"Anggaran kita sudah dipangkas 50 persen dampak dari Covid 19 ini," ucapnya. (sap/bah)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda