Kapuas Hulu post authorKiwi 18 Juni 2020 789

Nelayan Senang Potensi Ekonomis Ikan Piyang, Dilirik Konsumen untuk Dijadikan Ikan Hias

Photo of Nelayan Senang Potensi Ekonomis Ikan Piyang, Dilirik Konsumen untuk Dijadikan Ikan Hias PIYANG – Ikan piyang yang mudah dicari di perairan di Kapuas Hulu dilirik orang untuk dijadikan ikan hias.

Sejumlah nelayan di Kapuas Hulu bersyukur atas tingginya harga jual ikan hias jenis piyang atau peyang. Mereka berharap potensi tersebut stabil sehingga mampu menyejahterakan nelayan.

Satu di antara nelayan, Yadi menyampaikan, ikan piyang memiliki harga jual yang sangat menjanjikan. Sebelumnya, ikan ini tidak memiliki harga bila dibandingkan dengan ikan konsumsi yang lain.

"Baru-baru ini pembeli gencar membeli ikan piyang karena mereka menganggap ikan itu tergolong dalam kelompok ikan hias," katanya, kemarin.

Menurutnya, ikan tersebut rasanya tidak enak bila dikonsumsi, namun memiliki nilai estetika yang indah.

"Ikan itu bentuknya seperti ikan gabus (toman)," jelasnya.

Nelayan lainnya, Fikri mengatakan ikan piyang terdapat dua jenis yakni yang berwarna kuning dan berwarna merah.

"Harga piyang merah lebih mahal dari piyang kuning," jelasnya.

Untuk harga anakan piyang merah ukuran 10-20 cm dibeli dengan harga Rp35 ribu sampai Rp90 ribu, sementara piyang kuning dibeli dengan harga Rp5 ribu sampai Rp10 ribu.

"Sementara untuk ukuran piyang merah yang besar yakni ukuran 30 cm sampai 50 cm dibeli dengan harga sekitar Rp500 ribu-Rp1 juta. Harga tergantung pada spek ikan tersebut," jelasnya.

Fikri berharap harga ikan hias tersebut bisa terus naik serta dipromosikan secara nasional bahkan internasional agar dapat menjadi salah satu potensi unggulan alam Bumi Uncak Kapuas.

"Jadi, selain arwana, kita harapkan ikan piyang ini juga bisa menjadi ikan hias yang terkenal di berbagai negara," harapnya.

Selain piyang, ikan lain yang juga saat ini sedang dicari oleh para pembeli yakni ikan gurami manah, namun keberadaannya jauh di wilayah perhuluan.

Terpisah, Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir mengimbau kepada warga agar menjaga ekosistem lingkungan agar tidak punah sehingga mampu memberikan manfaat yang besar dalam menyejahterakan masyarakat secara umum.

"Mari kita jaga dan lestarikan lingkungan kita serta ekosistem ikan yang ada," ajaknya belum lama ini. (syapari/bah)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda