Kapuas Hulu post authorBob 19 Januari 2021 136

Ketua Persit KCK Koorcab Rem 121 PD XII Tanjungpura, Kunjungi Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu

Photo of Ketua Persit KCK Koorcab Rem 121 PD XII Tanjungpura, Kunjungi Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu FOTO BERSAMA - Ketua Persit KCK Koorcab Rem 121 PD XII Tanjungpura, Kunjungi Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu

PUTUSSIBAU, SP - Ketua Persit KCK Koorcab Rem 121 PD XII Tanjungpura, Ny Rissa Ronny, berkunnjung ke Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa (19/1/2021).

Kunjungan tersebut dilakukan bersama pengurus Persit KCK Koorcab Rem 121 PD XII Tanjungpura lainnya dan Ketua Persit KCK Cabang L, Ny Retha Basyaruddin, serta didampingi Ketua Dekranasda Kapuas Hulu, Ny Erlina Nasir, S.H, M. AP.

Menurut Ny Rissa Ronny, hasil kerajinan para pelaku UMKM di Kabupaten Kapuas Hulu ini terkenal sangat bagus, berkualitas, dan mengagumkan. Di antaranya adalah Kain Tenun Sidan, yang merupakan kain khas dari Kapuas Hulu.

“Semoga produk kerajinan yang berkhazanah daerah ini, dapat dijadikan cinderamata khas Provinsi Kalbar,” kata Ny Rissa.

Ia pun menjelaskan tujuan berkunjung ke Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu, yaitu untuk memperkenalkan karya seni dan budaya yang ada di Bumi Uncan Kapuas.

“Supaya tidak diklaim oleh orang asing dan menjaga kelestariannya agar tidak punah dan tetap lestari. Kalau ibu-ibu sekalian punya anak, tolong diajarkan dan dikenalkan kepada mereka mengenai karya seni dan budaya di daerah kita, agar tetap lestari," paparnya.

Dalam sambutannya, Ny Erlina Nasir, S.H., M.A.P., selaku ketua Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu mengatakan, kepada semua yang hadir agar menjaga kelestarian kerajinan khas Kapuas Hulu, agar dapat bersaing dengan produk kerajinan daerah lain dan jangan sampai kekhasannya punah. 

“Perlu adanya regenerasi pada kaum milenial dan membinanya agar mau ikut terjun mengembangkan kerajinan khas Kapuas Hulu sebagai aset yang berharga," jelas Ny Erlina Wati.

Ia juga mengapresiasi keberadaan Balai Sentra Industri yang dapat menampung para pelaku UMKM yang memproduksi berbagai macam produk kerajinan.

“Kita dituntut untuk selalu berinovasi, kreasi, modifikasi produk agar kerajinan Kapuas Hulu lebih menarik dan diminati konsumen.  Sebagai masyarakat Kapuas Hulu, kita harus cinta dan bangga terhadap Produk kita sendiri," ungkapnya

Menutup pernyataannya, Ny Erlina Nasir pun berpamitan, dengan mengucapkan terima kasih dan mohon maaf apabila ada hal-hal yang tidak berkenan selama 2 periode menjadi Ketua Dekranasda dan Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Hulu.

Di akhir kunjungan ini, NY Rissa Ronny dan rombongan melihat hasil kerajinan dari Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu dan penyerahan cinderamata kepada Ketua Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu. (ril)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda