Kapuas Hulu post authorKiwi 20 Juni 2020 54

Sekda Buka Workshop Pemutakhiran Data IDM

Photo of Sekda Buka Workshop Pemutakhiran Data IDM WORKSHOP – Suasana Workshop Pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun (IDM) di di Aula Dinas PMD Kapuas Hulu, Jumat (19/6).

PUTUSSIBAU, SP - Sekda Kapuas Hulu, Mohd Zaini membuka kegiatan Workshop Pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun (IDM) di Kabupaten Kapuas Hulu.

Kegiatan  tersebut dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas Hulu di Aula Kantor DPMD setempat, Jumat (19/6).

Zaini menyampaikan apresiasi atas upaya DPMD Kapuas Hulu yang terus bergerak dalam mendorong terwujudnya Desa Mandiri.

"Kita ketahui bersama bahwa daerah Kapuas Hulu sangat luas dengan 278 desa, belum lagi keterbatasan sarana prasarana yang mungkin kurang mendukung," katanya

Sekda menekankan bahwa yang perlu menjadi perhatian dalam peningkatan status desa itu yakni tentang sinkronisasi data dan program.

"Indikatornya sudah ada dan maksimalkan desa tertinggal, berkembang hingga mandiri. Beberapa OPD terkait perlu sinergi dengan baik," pesannya.

Selain itu, Sekda juga mengatakan, progres masing-masing desa terhadap peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADes) harus menjadi perhatian bersama.

"Melalui BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) yang sudah ada, agar bisa ditingkatkan untuk meningkatkan PADes. Jadi, status mandiri ini kalau memang sudah puncak, semua sektor bisa diupayakan," katanya.

Sementara itu, Kepala DPMD Kapuas Hulu, Alpiansyah menyampaikan, pertemuan tersebut sangat penting. Selain penandatanganan status desa, juga perlu sinkronisasi dan penyamaan persepsi dalam mewujudkan Desa Mandiri.

"Kita sangat mengharapkan kontribusi dari OPD dalam meningkatkan IDM. Dinas PMD tidak bisa melaksanakannya sendiri, karena ada tiga indikator yang harus dijalankan, indeks ketahanan sosial, ekonomi dan lingkungan," katanya.

Alpiansyah mengatakan, untuk tahun 2020, sejatinya ditargetkan 21 Desa Mandiri, namun karena dua desa capaian nilainya kurang sedikit, jadi terwujud 19 Desa Mandiri.

"Namun kita bersyukur, target kita untuk menghilangkan Desa Sangat Tertinggal bisa terwujud,  sekarang ada 43 Desa Tertinggal. Pada posisi ini, kita tidak terlalu terpuruk jika menganalisa IDM dari kabupaten lainnya di Kalbar," paparnya.

Jika diurut dengan kabupaten lainnya di Provinsi Kalbar, Kapuas Hulu berada pada posisi keenam terbaik karena dinilai mampu menuntaskan status Desa Tertinggal.

"Ini tentunya sangat menggembirakan. Untuk pencapaian Desa Berkembang di Kapuas Hulu berada pada posisi terbaik," ungkapnya. (sap/bah)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda