Kapuas Hulu post authorKiwi 23 September 2020 53

Bawaslu Gandeng Tokoh Adat Wujudkan Pilkada Bersih

Photo of Bawaslu Gandeng Tokoh Adat Wujudkan Pilkada Bersih

PUTUSSIBAU, SP - Pemda Kapuas Hulu mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) penegakan hukum protokol kesehatan dalam Pilkada Tahun 2020. Kegiatan yang dihadiri oleh Forkopimda dan Kominda bersama KPU dan Bawaslu Kabupaten Kapuas Hulu tersebut dilaksanakan di ruang rapat Bupati setempat, Senin (21/9).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Bawaslu Kapuas Hulu, Musta'an menyampaikan dua hal. Pertama, Bawaslu, Panwascam dan PPKD intensif melaksanakan program Randau Ruai day by day, door to door dan person to person yang menyosialisasikan tentang penerapan standar protokol kesehatan Covid-19.

"Termasuk larangan pemilihan yang diwakilkan, politisasi SARA, politik uang dan netralitas ASN dan perangkat desa," katanya.

Bawaslu menggandeng tokoh adat untuk mewujudkan hal itu lewat program Tokoh Adat Mitra Bawaslu.

"Dalam waktu dekat sudah beberapa kecamatan yang akan deklarasi Tokoh Adat Mitra Bawaslu, misalnya Kecamatan Batang Lupar pada tanggal 24 September 2020," terangnya.

Kemudian, deklarasi akan disusul di Selimbau, Putussibau Utara, Silat Hulu, Silat Hilir dan kecamatan lainnya.  

Selain itu, sudah ada beberapa desa yang tokoh adatnya membuat hukum adat bagi yang melanggar protokol kesehatan Covid-19, larangan pemilihan yang diwakilkan, politisasi SARA, politik uang dan netralitas ASN dan perangkat desa.

"Bawaslu Kapuas Hulu menargetkan dari 282 desa di Kapuas Hulu, paling tidak 50 persen bisa membuat hukum adat bagi pelanggar lima hal di atas," ujarnya. (sap/bah)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda