Kapuas Hulu post authorKiwi 28 Oktober 2020 46

Dewan Ajak Masyarakat Tanam Pohon Cegah Banjir

Photo of Dewan Ajak Masyarakat Tanam Pohon Cegah Banjir BANJIR – Banjir menerjang sejumlah wilayah di Kapuas Hulu pada September 2020 lalu. Warga diminta giat menanam pohon untuk menyerap air.

PUTUSSIBAU, SP - Untuk mencegah terjadinya banjir dan tanah longsor di Bumi Uncak Kapuas, Anggota DPRD Kapuas Hulu, Sinardi mengajak masyarakat menggalakkan penanaman pohon.

Dengan menggalakan penanaman pohon, diharapkan kedepan tidak lagi terjadi banjir dan longsor.

"Mari bersama kita menjaga alam dan lingkungan sekitar dengan melakukan penghijauan desa seperti melakukan penanaman pohon dan menjaga pohon maupun hutan agar tidak dirusak," ajaknya, kemarin.

Dengan menjaga alam, masyarakat akan terhindar dari bencana alam seperti banjir yang terjadi akibat curah hujan yang tinggi dikarenakan kurangnnya daerah resapan air.

"Saya meminta masyarakat, baik di desa maupun di kota, untuk menggalakkan kembali penanaman pohon," pintanya.

Ia mengajak semua elemen masyarakat harus serius memikirkan alam dengan cara melakukan penghijauan dan penanaman pohon kembali.

"Dan yang menjadi perhatian sekarang adalah anak-anak muda mesti diajak untuk menghijaukan kembali daerah Bumi Uncak Kapuas ini, utamanya untuk daerah hulu sungai, " ujarnya.

“Semoga dengan bencana banjir yang selama ini terjadi, kita bisa saling introspeksi dan evaluasi untuk bisa terus memperhatikan alam,” pungkasnya.

Efektif Serap Air

Mahasiswa IAIN asal Kapuas Hulu, Samhudi mengatakan bahwa air bisa terserap oleh pepohonan.

"Kalau air banyak yang terserap maka erosi ke sungai sedikit," katanya.

Kalau erosi sedikit, lanjut dia, maka sedimentasi atau pendangkalan pada sungai juga sedikit, maka kedalaman sungai terpelihara.

"Jika sungai tidak dangkal maka tidak akan terjadi banjir, apalagi air yang masuk ke sungai juga sedikit karena banyak yang terserap," ujarnya.

Karena itulah, kata dia, penanaman pohon menjadi sangat penting. (sap/bah)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda