Kapuas Hulu post authorKiwi 29 Juni 2020 25

Bawaslu Salurkan APD ke Pengawas Terapkan Protokol Kesehatan di Tengah Pandemi Covid-19

Photo of Bawaslu Salurkan APD ke Pengawas Terapkan Protokol Kesehatan di Tengah Pandemi Covid-19 AWASI PEKERJA - Petugas mengawasi pekerja mengangkat kardus yang berisi surat suara Pemilu di gudang penyimpanan KPU saat Pilkada lalu.

PUTUSSIBAU, SP – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kapuas Hulu menyalurkan Alat Pelindung Diri (APD) kepada seluruh pengawas Pilkada, mulai dari Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) sampai Panitia Pengawas Desa (Panwasdes).

Hal ini dikatakan Komisioner Bawaslu Kapuas Hulu, Haidir, kemarin. Haidir mengatakan bahwa penyaluran APD itu dalam rangka memenuhi standar protokol kesehatan di masa pandemic Covid-19.

"Bawaslu Kapuas Hulu melakukan pembagian APD kepada Panwascam dan Pengawas Desa," ujarnya.

Sesuai PKPU Nomor 5, tahapan verifikasi faktual calon perseorangan sudah dimulai. Untuk itu, pihaknya memandang perlu membagikan APD kepada pengawas Pilkada.

"Karena pengawas desa sebagai ujung tombak dalam pengawasan verifikasi faktual," ujarnya.

Diterangkan bahwa APD sudah didistribusikan sejak 25 Juni lalu. Dalam menjalankan tugas di tengah wabah Covid-19 ini, pihaknya harus tetap waspada terhadap penyebaran Covid-19.

"Kami harus tetap menjalankan protap kesehatan yang telah diatur oleh Tim Gugus Tugas COVID - 19," katanya.

Terpisah, Ketua KPU Kapuas Hulu, Ahmad Yani mengatakan, terkait tahapan Pilkada yang harus mengacu pada protokol kesehatan, pihaknya telah menyiapkan APD seperti masker, faceshield, hand sanitizer, sarung tangan dan kelengkapan lainnya.

"Ini kami persiapkan untuk memastikan petugas kami aman, sehat dan selamat dalam menjalankan tugas, termasuk salah satunya rapid test yang sudah dilakukan," ujarnya.

Pihaknya juga akan berkoordinasi dan berkomunikasi lebih lanjut dengan pemerintah daerah terkait dengan pemenuhan APD dan rapid test terhadap seluruh jajaran penyelenggara pemilihan sehingga Pilkada di Kapuas Hulu aman dan bebas dari Covid-19.

"Kita harapkan Pilkada di Kapuas Hulu dapat berjalan dengan aman dan lancar sesuai dengan yang diharapkan," ujarnya. 

Jadi Pemilih Cerdas

Tokoh Pemuda Kapuas Hulu, Ahmad Zaini berharap masyarakat cerdas menentukan pilihannya pada Pilkada kelak.

“Jangan sampai suara kita bisa dibeli dengan uang. Jika budaya ini diteruskan, maka kita akan mencetak pemimpin-pemimpin yang tidak punya naluri merakyat,” ujarnya.

Zaini berharap masyarakat dapat mengawasi jalannya tahapan Pilkada.

“Jika ditemukan indikasi kampanye hitam, kecurangan dan money politic, maka dapat melaporkannya kepada Bawaslu,” pungkasnya. (sap/bah)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda