Kapuas Hulu post authorKiwi 29 Juni 2022

WNA Australia Saksikan Gawai Raa Lamba' Lalo, Pemkab Dukung Adat dan Budaya Kapuas Hulu

Photo of WNA Australia Saksikan Gawai Raa Lamba' Lalo, Pemkab Dukung Adat dan Budaya Kapuas Hulu Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan SH menghadiri Gawai Raa Lamba' Lalo Keluarga Besar Wenceslaus Giling dan Maria Theresia Sambandi Desa Ariung Mendalam,Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa (28/6).   

PUTUSSIBAU,SP- Gawai Raa Lamba' Lalo Keluarga Besar Wenceslaus Giling dan Maria Theresia Sambansuku Dayak Taman digelardi Desa Ariung Mendalam,Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa (28/6). Kegiatan budaya memuliakan dan penghormatan terhadap leluhur yang telah meninggal dunia ini terbilang unik, sehingga menarik minat wisatawan dari Australia.

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan SH menyampaikan, Gawai Raa Lamba' Lalo merupakan pelaksanaan budaya turun-menurun, dan menjadi ciri khas yang melekat pada tatanan kehidupan masyarakat adat Dayak Taman.

"Gawai Raa Lamba' Lalo merupakan acara memuliakan dan penghormatan terhadap leluhur yang telah meninggal dunia," ungkapnya.

Bupati Diaan menyampaikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu sangat mendukung pelaksanaan adat dan budaya yang tergolong unik ini.

"Kegiatan ini mengandung nilai-nilai yang religius dan sakral. Selain itu Gawai Raa Lamba' Lalo jika dipromosikan, tentu sangatlah berpotensi untuk menarik wisatawan,"katanya.

Bahkan sudah terbukti, kata Bupati, kehadiran Warga Negara Asing (WNA) dari Australia dalam acara tersebut. Begitu pula wisatawan lokal dari Jakarta dan berbagai kabupaten yang ada di Kalimantan Barathadir untuk menyaksikan seluruh rangkaian kegiatan tersebut.

"Semoga apa yang menjadi tujuan dan harapan dari keluarga besar Wenceslaus Giling dan Maria Theresia Samban dapat tercapai, dan leluhur mereka dimuliakan terwujud, sesuai dengan kepercayaan adat dan budaya Dayak Taman itu sendiri," harapnya.(sap)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda