Kapuas Hulu post authorKiwi 30 November 2020 69

Pemkab Kapuas Hulu akan Kembangkan Komoditas Ubi Kayu

Photo of Pemkab Kapuas Hulu akan Kembangkan Komoditas Ubi Kayu Ilustrasi

PUTUSSIBAU, SP - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu terus berupaya dalam mengembangkan komoditas tanaman ubi kayu yang sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu.

Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir menyampaikan, Pemkab akan memberikan perhatian serius dalam pengembangan ubi kayu tersebut, karena memiliki prospek pangsa pasar yang baik.

"Tanaman ubi kayu memiliki nilai ekonomis, dijadikan untuk tepung mokaf dan tapioka yang bisa menjadi bahan baku olahan beragam kuliner, salah satunya kerupuk basah," katanya, Minggu 29 November 2020.

Nasir menyebutkan bahwa tepung tapioka saat ini banyak diminati oleh pelaku usaha kuliner di Kapuas Hulu, guna memenuhi bahan dasar pengolahan kue dan lain lain.

"Dari sisi harga juga terjangkau, yakni hanya Rp8000 perkilogram dari tingkah home industri, kalau dari luar Rp14 ribu jadi jauh murah," sampainya

Diakuinya, pemasaran selama ini memang masih tergantung pada industri kecil menengah, seperti pengelolaan kerupuk basah dan lainnya. Nasir juga mengakui bahwa minimnya permodalannya yang dimiliki petani, sehingga produksi juga terbatas, sehingga permintaan kadang tidak bisa terpenuhi. (sap)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda