Kapuas Hulu post authorKiwi 01 Desember 2020 73

Bina Petani dan Buka Keran Pasar dalam Mendukung Proyek Pengembangan Ubi Kayu

Photo of Bina Petani dan Buka Keran Pasar dalam Mendukung Proyek Pengembangan Ubi Kayu MENANAM – Petani sedang memanen ubi kayu di lahan kebun miliknya.

Proyek pengembangan ubi kayu yang dilakukan oleh Pemkab Kapuas Hulu di Desa Sekubah dan Benuis Kecamatan Selimbau patut didukung. 

Dukungan ini ditegaskan Wakil Ketua DPRD Kapuas Hulu, Hairudin , kemarin. Hairudin meminta Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu agar melibatkan langsung masyarakat setempat dalam pembangunan proyek pengembangan ubi kayu.

"Seperti kita ketahui bersama bahwa menanam ubi kayu sudah menjadi turun-temurun nenek moyang kita terdahulu. Jadi tidak diperlukan skill yang berlebihan, tinggal dibina saja," katanya.

Kemudian yang paling penting, menurutnya adalah outputnya sehingga pemerintah harus bisa memastikan ubi kayu mau dijadikan apa dan terkait pasarnya.

"Mudah-mudahan kedepan bisa menjadi salah satu alternatif untuk menunjang perekonomian masyarakat di tengah-tengah menurunnya harga karet, ketidakpastian legalitas kratom dan dilarangnya aktifitas pertambangan," jelasnya.

Hairudin juga meminta kepada seluruh elemen masyarakat secara aktif mengawasi proyek-proyek pembangunan dari pemerintah, karena sejatinya setiap proyek pemerintah untuk menyejahterakan masyarakat, bukan sebaliknya.

"Kami berharap masyarakat jangan takut melaporkannya ke DPRD apabila menemukan adanya indikasi kecurangan hingga penyelewengan yang menyalahi aturan yang ada dalam pengerjaan proyek pemerintah," harapnya. (syapari/bah)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda