Kapuas Hulu post authorBob 12 Juli 2020

Gelar Perpustakaan Keliling Kampanyekan Giat Literasi, Sambangi Tempat Belajar di Desa-Desa

Photo of Gelar Perpustakaan Keliling Kampanyekan Giat Literasi, Sambangi Tempat Belajar di Desa-Desa SALAM LITERASI – Anak-anak desa berfoto bersama menyampaikan salam literasi saat Perpustakaan Keliling mengunjungi desa mereka.

PUTUSSIBAU, SP - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kapuas Hulu bersama seorang anggota polisi Polres Kapuas Hulu, Aipda Belmi Siallagan dan Penggiat Transpormasi Literasi Kapuas Hulu melaksanakan Perpustakaan Keliling (Pusling) ke berbagai kecamatan dan desa di Kapuas Hulu.

Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai 2 Juli 2020 hingga 11 Juli 2020. Adapun Tempat Belajar Mengajar (TBM) yang sudah dikunjungi di antaranya TBM Ngudi Kaweruh Trans Kalis, PKBM (Pusat kegiatan Belajar mengajar) di Hulu Gurung di Jalan Lintas Selatan Tepuai, TBM Desa Semangut , Desa Intan Mentebah.

Kemudian TBM Desa Sambus,Taman Alun Putussibau dan TBM Sungai Uluk yang terletak di Jalan Putussibau-Bika Desa Sui Uluk, Kecamatan Putussibau Selatan,Kapuas Hulu, Kalbar.

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kapuas Hulu, Muhtarudin menyampaikan, Pemerintah Pusat sangat mendukung giat literasi. Mendagri, Tito Karnavian menyatakan dukungannya untuk menggerakan literasi. Utamanya dalam kaitannya dengan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, inovatif, dan memiliki kreativitas.

"Tujuannya adalah terwujudnya masyarakat berpengetahuan dan berkarakter," katanya.

Dijelaskan, banyak yang terlibat dalam literasi ini secara nasional yakni dari berbagai macam profesi seperti polisi, guru, petani dan lainnya terjun dalam giat literasi di Indonesia.

"Hal ini untuk menumbuhkan minat baca anak di masa pandemi virus Covid-19 dimana sesuai instruksi Gubernur Kalbar, Sutarmidji agar menggerakan Kalimantan Barat membaca dan pemberdayaan Perpustakaan Keliling," katanya.

Dalam melakukan Pusling, pihaknya menggandeng seorang polisi, Belmi dimana sehari hari bertugas di Polres Kapuas Hulu, namun di sisi lain merupakan penggiat Transfomasi Literasi Kapuas Hulu.

Belmi berhasil merintis Taman Bacaan Ngudi Kaweruh Trans Kalis dan Taman Bacaan Shalom Kedamin Darat.

Sementara Kabid Perpustakaan Kapuas Hulu, Almiyati mengatakan, dalam giat Pusling Kapuas Hulu, pihaknya selalu menyosialisasikan protokol kesehatan kepada anak-anak dengan cara selalu mencuci tangan jika beraktivitas, selalu menggunakan masker dan menjaga jarak.

"Hal tersebut guna mencegah atau menghindari penyebaran virus Corona," katanya.

Selain itu, pihaknya juga membagikan masker dan kaos kepada anak-anak binaan. 

Diharapkan Berkelanjutan

Anggota Pores Kapuas Hulu, Aipda Belmi Siallagan bersyukur mendapatkan kepercayaan dari Dinas Perpustakaan Kapuas Hulu dan didaulat sebagai penggiat Transfomasi Literasi di Kapuas Hulu. Dia juga senang dipercaya mendampingi giat Perpustakaan Keliling ini.

 

"Sebelum kegiatan ini dimulai saya terlebih dahulu izin kepada pimpinan dan pimpinan support, sudah mendapatkan izin dari Bapak Kapolres, AKBP Wedy Mahadi. Semoga giat ini berkelanjutan untuk mencerdaskan anak bangsa," harapnya. (sap/bah)

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda