Kayong Utara post authorKiwi 03 Maret 2021 81

1 Hektare Hutan Pinus dan Sawit Terbakar

Photo of 1 Hektare Hutan Pinus dan Sawit Terbakar SEMPROT - Kapolres Kayong Utara, AKBP Bambang Sukmo Wibowo SIK SH MHum menyemprot titik api kebakaran hutan di RT 05 Dusun Penyekam Raya, Desa Pemangkat, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara, Selasa (2/3).  

SUKADANA, SP -  Hutan seluas 1 hektare di RT 05 Dusun Penyekam Raya, Desa Pemangkat, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara terbakar. Penyebab pasti terbakarnya areal yang ditumbuhi pohon pinus dan sawit tersebut masih dalam penyelidikan Polres Kayong Utara.

Kapolres Kayong Utara, AKBP Bambang Sukmo Wibowo SIK SH MHum meninjau langsung lokasi kebakaran hutan, Selasa (2/3). Untuk mencapai lokasi kebakaran, Kapolres dan jajarannya harus menempuh perjalanan darat, dan dilanjutkan berjalan kaki sekitar 25 menit sejauh 1,5 kilometer dari jalan utama mendaki hutan pinus.

“Kebakaran diketahui tanggal 1 Marer 2021 sekira pukul 10.30 WIB. Luas area yang terbakar diperkirakan mencapai 1 hektare,” kata Kapolres.

Bambang menjelaskan, kondisi hutan pinus tersebut memang dipenuhi rumput ilalang kering yang sangat mudah terbakar. Informasi yang diterima, pohon sawit dan pinus tersebut ditanam pada beberapa tahun lalu. Total kerugian akibat kebakaran hutan tersebut mencapai Rp10 juta.

“Yang terbakar itu pohon pinus dan beberapa pohon sawit, Data sementara kerugian berkisar Rp5 juta sampai Rp10 juta. Petugas sudah melakukan tindakan pertama dengan memadamkan api dan olah TKP (tempat kejadian perkara, red),” paparnya.

Kapolres mengimbau masyarakat, khususnya yang bertempat tinggal berdekatan dengan kawasan hutan agar lebih hati-hati dan waspada. Dia juga mengingatkan masyarakat, tidak melakukan perbuatan atau tindakan yang dapat memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan.(arf)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda