Kayong Utara post authorKiwi 04 Maret 2021 129

Perkumpulan Gemawan Bentuk Serikat Perempuan Kabupaten Kayong Utara

Photo of Perkumpulan Gemawan Bentuk Serikat Perempuan Kabupaten Kayong Utara ist

SUKADANA, SP - Mewujudkan Perempuan Yang Maju, Bersatu, Berdaulat dan Bermartabat, Gemawan Bentuk Serikat Perempuan Kabupaten Kayong Utara (SETARA)

Bertempat di Hotel Mahkota Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Perkumpulan Gemawan Gelar Strategic Planing Kelompok Perempuan di Kabupaten Kayong Utara pada Kamis dan Jumat, 25 s/d 26 Februari 2021 lalu.

Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 15 orang perempuan yang mewakili kelompok perempuan dari tiga kecamatan berbeda di Kabupaten Kayong Utara antara lain ; Kecamatan Simpang Hilir dari Desa Pemangkat, Kecamatan Teluk Batang dari Desa Alur Bandung , Sungai Paduan dan Desa Banyu Abang, sedangkan dari Kecamatan

Seponti berasal dari Desa Podorukun, Wonorejo, Seponti Jaya dan Desa Telaga Arum.

Dalam dua hari berkegiatan, Ridho Faizinda dan Uray Kusuma Wijaya selaku Fasilitator membantu peserta untuk mengenal potensi diri masing-masing, pengenalan tentang pengarustamaan gender, tentang peran kaum perempuan yang tidak hanya berada di seputar wilayah domestik saja, namun juga mencoba membuka wawasan kaum perempuan untuk berperan ke lingkup yang lebih luas seperti bidang sosial, pendidikan, ekonomi, politik dan lain – lain.

Dalam pertemuan yang berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan ini, para peserta sepakat untuk membentuk organisasi kelompok perempuan yang diberi nama Serikat Perempuan Kabupaten Kayong Utara, atau yang disingkat SETARA.

Melalui strtategic planing ini juga dibahas agenda kegiatan dan target capaian yang akan dilakukan selama tiga tahun ke depan beserta pembahasan soal anggaran.

Emi Yanti selaku peserta mengatakan sangat bangga bisa bergabung dalam organisasi yang dinaungi oleh Perkum pulan Gemawan ini. Menurutnya, melalui program dan rencana kerja yang sudah diuraikan ia berharap bisa bersama-sama mewujudkan apa yang menjadi misi dan visi organisasi ke depan.

“Buat saya ini pengalaman baru tentang bagaimana kita berorganisasi dalam konteks yang lebih luas, bagaimana kita mampu berperan, memperjuangkan untuk kaum kita sesama perempuan, dari intimidasi, segela bentuk kekerasan, diskriminasi, kemandirian ekonomi dan masih banyak lagi yang tentunya sangat bermanfaat tidak hanya untuk diri kita sendiri tetapi juga lingkungan sekitar kita dan saya sangat senang bisa bergabung disini,” ungkapnya.

Sementara itu, Ridho Faizinda yang juga menjabat sebagai program manager di perkumpulan Gemawan mengatakan, hal ini sejalan dengan visi yang telah dibangun yakni mewujudkan perempuan yang maju, bersatu, berdaulat dan bermartabat ; Kuat secara politik dan mandiri secara ekonomi, berbasis kearifan lokal , keadilan gender dan keadilan ekologis.

“Kita berharap ke depan, melalui kelompok perempuan SETARA ini akan muncul figur-figur baru yang mampu mengakomodir kepentingan perempuan sesuai dengan misi yang kita bangun,” ujarnya di sela-sela acara.(*)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda