Kayong Utara post authorBob 07 November 2022

Sutarmidji Janji Perbaiki Jalan Provinsi di Kayong Utara

Photo of Sutarmidji Janji Perbaiki Jalan Provinsi di Kayong Utara Sutarmidji Janji Perbaiki Jalan Provinsi di Kayong Utara

SUKADANA, SP - Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji memastikan akan memperbaiki kerusakan jalan provinsi yang berada di wilayah Kabupaten Kayong Utara.

Seperti diketahui, jalan Siduk-Teluk Batang mengalami kerusakan cukup parah di sejumlah titik yang ada di daerah itu.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat akan segera menyelesaikan permasalahan jalan tersebut.

"Berkaitan jalan Siduk-Sukadana insyaallah tahun depan selesai. Kemudian, Teluk Melano-Sukadana hanya spot sedikit tinggal perawatan saja," kata Sutarmidji saat melakukan kunjungan ke Kabupaten Kayong Utara, Sukadana, Jumat (4/11/2022).

Sementara untuk jalan Teluk Melano-Teluk Batang, dipastikan juga akan segera dilakukan perbaikan terutama di sejumlah titik atau spot yang mengalami kerusakan parah.

"Melano-Teluk Batang itu spot-spot yang berat di beton sedangkan yang lainnya akan diselesaikan semaksimal mungkin," terangnya.

Sutarmidji menjelaskan, jalan provinsi di Kalbar sepanjang 1.534 kilometer dan yang bagus hanya separuhnya, sedangkan 800 kilometer hancur.

Sehingga, lanjut dia, diperlukan anggaran yang tidak sedikit untuk memperbaikinya. Sedangkan, APBD Provinsi Kalbar hanya 5 triliun lebih.

"1 kilometer butuh 7 miliar, artinya perlu 5,6 triliun, APBD cuman 5 triliun lebih, yang bisa digunakan untuk belanja jalan Rp400-600 miliar saja. Lima tahun saya jabat baru 3 triliun. Sedangkan yang dibutuhkan 5,6 triliun, jadi tidak mungkin selesai dan syukur-syukur bisa 82 persen itu sudah bagus," pungkasnya. (rif)

Keywords

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda