Kayong Utara post authorKiwi 12 Januari 2021 48

Tingkatkan PAD, Pemkab Jadikan Hasil Laut dan Perkebunan Komoditas Ekspor

Photo of Tingkatkan PAD, Pemkab Jadikan Hasil Laut dan Perkebunan Komoditas Ekspor Ilustrasi

SUKADANA, SP - Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kayong Utara Hasil laut dan perkebunan akan dijadikan komodititas ekspor Kabupaten Kayong Utara.

"Kedua komoditas ini punya daya jual hingga keluar negeri. Kita punya Kopi Liberika, yang telah berhasil dikembangkan di Seponti," kata Bupati Kayong Utara, Citra Duani saat Silaturahmi Forkopimda di Pendopo Bupati, Sukadana, beberapa waktu lalu.

Jenis kopi ini, papar Citra, cukup langka di dunia dan berhasil ditanam oleh para petani kopi di Kecamatan Seponti. Pemkab akan terus melakukan pembinaan agar produk kopi dikemas sedemikian rupa, dan akan dipasarkan hingga keluar negeri.

Selain kopi yang merupakan hasil perkebunan, kekayaan hasil kelautan juga dapat menjadi unggulan. Bupati menegaskan, akan berusaha agar hasil laut dari Kepulauan Karimata dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat, khususnya warga Kabupaten Kayong Utara.

"Hingga saat ini hasil laut kita dijual keluar Kayong Utara, kemudian diekspor keluar negeri. Sehingga kita tidak mendapatkan apapun. Sudah saatnya kita yang menikmati, dan kita yang mengekspor," tukas Citra.(arf/yun)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda