Kayong Utara post authorKiwi 12 Juni 2020 147

Jalan Siduk - Teluk Batang Rusak, Perbaikan Dianggarkan Ulang Tahun Depan

Photo of Jalan Siduk - Teluk Batang Rusak, Perbaikan Dianggarkan Ulang Tahun Depan JALAN RUSAK - Komisi IV DPRD dan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalbar didampingi Bupati Kayong Utara Drs Citra Duani meninjau ruas jalan Siduk- Teluk Batang yang rusak parah, Jumat (12/6)

SUKADANA, SP- Ruas jalan Siduk- Teluk Batang, Kabupaten Kayong Utara rusak parah. Komisi IV DPRD dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalbar memantau jalan yang awalnya dianggarkan sebesar Rp7 miliar. Namun, dipangkas hingga tersisa Rp2,6 miliar untuk menangani pandemi Virus Corona atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Ruas jalan yang berlubang, dilakukan perbaikan sementara dengan ditutupi batu, agar bisa dilintasi kendaraan. 

Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalbar, Yohanes Rumpak menuturkan, kunjungan kerja kali untuk melihat lansung kondisi ruas jalan yang selama ini dikeluhkan masyarakat. DPRD Kalbar mengakui perbaikan ruas jalan ini sudah sempat dianggarkan. Namun karena pandemi Covid-19, anggarannya dipangkas.

"Kita berkomitmen akan terus menganggarkan ruas jalan ini. Kalau tahun ini dipangkas, tahun depan akan kita anggarkan ulang," tegas Yohanes disela kunjungan kerja, Jumat (12/6).

Anggaran perbaikan jalan tersebut sebelumnya sebesar Rp7 miliar, karena ada pemangkasan anggaran sehingga tersisa Rp2,6 miliar. "Anggaran tahun ini untuk membantu fungsionalnya saja. Tahun depan akan kita anggarkanlagi," urainya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas PUPR Kalbar, Sukri memastikan anggaran perbaikan jalan tersebut hanya tersisa Rp2,6 miliar, karena telah dipotong untuk anggaran penanggulangan Covid-19.

"Salah satu penyebab rusaknya jalan ini adalah usia jalan yang sudah tua, ditambah over muatan kendaraan ekspedisi yang melebihi tonase," terangnya ketika mendampingi anggota DPRD Kalbar memantau jalan yang rusak.

Sukri menjelaskan, kemampuan ruas jalan Teluk Batang - Siduk sekitar 8 ton. Sementara angkutan barang yang melintasi jalan tersebut banyak yang melebihi batasan 8 ton.

"Dinas PUPR Kalbar akan segera melakukan perbaikan jalan ini, dengan membetulkan spot dan titik jalan yang rusak," ucapnya.

Di tempat yang sama, Bupati Kayong Utara, Citra Duani berterimakasih atas kunjungan anggota DPRD dan Dinas PUPR Kalbar, melihat secara langsung ruas jalan yang rusak.

"Saya yakin dengan adanya kunjungan ini, akan mempercepat perbaikan jalan yang rusak," ujar Citra.

Kayong Utara tegas Bupati, siap membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar dalam melakukan perbaikan jalan tersebut. Salah satunya, mengundang perusahaan ekspedisi untuk ikut terlibat dalam perbaikan jalan, dimana tahun ini anggarannya terbatas.

"Kita minta Pemprov juga membangun jembatan timbang dan gudang di Kayong Utara, tepatnya di Teluk Batang. Sehingga akan mudah memantau kendaraan yang kelebihan muatan," harapnya.

Citra optimis, Pemprov Kalbar memiliki komitmen yang sama membantu Kayong Utara untuk meningkatkan pembangunan dan perbaikan jalan yang ada. "Komitmen pak Gubernur Kalbar tak perlu diragukan untuk membantu Kayong Utara. Buktinya jalan Melano - Perawas dianggarkan Rp20 miliar. Mari kita doakan, perbaikan jalan ini berjalan lancar," harap Citra.

DPRD Kawal Perbaikan Jalan

Anggota Komisi IV dari Dapil Kayong Utara- Ketapang, Yuliani mengatakan, dia bersama anggota DPRD lainnya berkomitmen untuk terus mengawal perbaikan jalan Siduk - Teluk Batang.

"Saya banyak menerima keluhan masalah jalan ini, karena ini kewenangan provinsi. Makanya, kita mengajak PU Provinsi Kalbar untuk turun langsung," jelas legislator Partai Amanat Nasional asal Kabupaten Ketapang.

Kunjungan kerja DPRD Provinsi Kalbar ke Kabupaten Kayong Utara dihadiri Wakil Ketua DPRD Kalbar Yohanes Rumpak, Anggota DPRD Kalbar Komisi IV yaitu Fransiskus Ason, Musa, Paulus Andy Mursalim, Muhammad Isya, Erry Iriansyah, Arif Jhoni Prasetyo, dan Yuliani dari Dapil VIII Kayong Utara- Ketapang. (hms/yun)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda