Kayong Utara post authorBob 13 November 2022

Dishub Akan Hentikan Aktivitas Truk 3 Sumbu Roda yang Melintas dalam Kota Sukadana

Photo of Dishub Akan Hentikan Aktivitas Truk 3 Sumbu Roda yang Melintas dalam Kota Sukadana Dishub Akan Hentikan Aktivitas Truk 3 Sumbu Roda yang Melintas dalam Kota Sukadana
SUKADANA, SP - Dinas Perhubungan Kabupaten Kayong Utara akan melakukan komunikasi persuasif kepada pihak perusahaan pengangkut material, guna menghentikan aktivitas mereka menggunakan Truk 3 Sumbu Roda yang melintas dalam kota Sukadana, Kabupaten Kayong Utara.
 
Selain itu juga akan meminta para pengusaha angkutan memberlakukan kendaraan yang diizinkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada jalan dengan kelas III, yaitu dengan muatan maksimal seberat 8 Ton.
 
Hal ini disampaikan Wardana, S.IP.,M.AP, Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan, mewakili Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kayong Utara, Erwan Wahyu Hidayat, yang mendapat laporan dari masyarakat terkait aktifitas Truk bermuatan material yang melintas di Kota Sukadana. 
 
Berdasarkan informasi, kata Wardana, yang disampaikan oleh masyarakat di sekitar jalan Tanah Merah Sukadana, erdapat aktivitas Truk dengan 3 Sumbu Roda (Truk 10 Roda) berjumlah lebih dari 5 unit yang di perkirakan Bermuatan material galian dari Dermaga Teluk Cik Kadir ke arah penumpukan material salah satu perusahaan yang berada di Desa Riam Berasap Jaya Kecamatan Sukadana.
 
"Keluhan tersebut diantaranya aktivitas pengangkutan dengan muatan yg melebihi kapasitas jalan yang seharusnya (over loading). Penggunaan kendaraan dengan ukuran besar atau dimensi yang melebihi kapasitas jalan yang seharusnya, istilahnya over dimension,"terang Wardana kepada awak media di Sukadana, Jumat (11/11/2022). 
 
Ditambahkannya, dengan dimensi yang besar menyebabkan gangguan kelancaran lalu lintas baik roda 2 maupun roda 4 dan berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Adanya material yang berhamburan dan tercecer di jalan raya, yang mengganggu kenyamanan berkendaraan para pengendara.
 
Dikatakan Wardana lagi, melalui Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang diwakili oleh Dinas Perhubungan dan Kepolisian Resort Kayong Utara langsung melakukan investigasi.
 
"Hasilnya ditemukan beberapa kerusakan jalan yang terindikasi merupakan akibat dari aktivitas yang dilakukan oleh truk pengen material tersebut," ungkap Wardana lagi. 
 
Dalam waktu dekat, sambungnya, Forum Lalu Lintas Kabupaten Kayong Utara akan melakukan rapat untuk Mufakat dalam usaha penertiban, serta mengurangi terjadinya kerusakan jalan.
 
"Diharapkan kepada pengguna jalan agar mematuhi aturan tentang Lalu Lintas dan Angkutan dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan berkendara. Serta menjaga agar suasana kota Sukadana ini tetap kondusif, bersih, dan asri," himbauannya. (*)
Keywords

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda