Kayong Utara post authorBob 15 Maret 2023

Musrenbang RKPD 2024, Prioritaskan Kualitas Pendidikan dan Kesehatan untuk Tingkatkan Capaian IPM

Photo of Musrenbang RKPD 2024, Prioritaskan Kualitas Pendidikan dan Kesehatan untuk Tingkatkan Capaian IPM Musrenbang RKPD 2024, Prioritaskan Kualitas Pendidikan dan Kesehatan Untuk Tingkatkan Capaian IPM

SUKADANA, SP -  Pemerintah Kabupaten Kayong Utara menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024 dengan mengusung tema menumbuhkan Ekonomi Hijau Untuk Peningkatan Daya Saing Daerah, bertempat di Aula Istana Rakyat, Sukadana, Selasa (14/3/2023). 

Kegiatan Musrenbang ini, dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan, didampingi Wakil Bupati Kayong Utara, Effendi Ahmad serta dihadiri Jajaran Forkopimda Kabupaten Kayong Utara, Bappeda Provinsi Kalimantan Barat, seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah Kayong Utara dan Tamu Undangan.

Dalam arahannya, Wagub Ria Norsan menyampaikan Kayong Utara selama dipimpin Bupati Citra Duani dan Wakil Bupati Effendi Ahmad mengalami suatu peningkatan pencapaian kinerja yang cukup baik di berbagai sektor.

Meski begitu, pencapaian tersebut perlu ditingkatkan khususnya terkait indeks pembangunan manusia (IPM) yang masih rendah di Kalbar.

"Indeks diberbagai sektor alami kenaikan, memang Kayong ini cuma IPM saja paling rendah se-Kalimantan Barat, namun, kita memahami karena infrastruktur yang belum cukup baik," kata Wagub Ria Norsan.

"Maka kami dari pemerintah provinsi menuntaskan janji saya kemarin waktu datang. Insyaallah tahun 2023 jalan sudah bagus dan kita anggarkan 102 miliar untuk jalan Siduk - Teluk Batang. Dua paket itu kemudian ditambah lagi satu paket kurang lebih sepuluh miliar untuk perbaikan jembatan," tambah Ria Norsan.

Lebih lanjut, Wagub Kalbar memastikan bahwa perbaikan jembatan dan jalan provinsi di Kabupaten Kayong Utara akan dituntaskan pada tahun ini.

"Ada beberapa titik yang rendah kemarin, harus ditinggikan sekian meter. Setelah ditinggikan, baru diperbaiki supaya jalan tidak mudah rusak," ujar Wagub Kalbar.

Selain pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, Pemprov Kalbar juga akan membangun dua sekolah di Kabupaten Kayong Utara.

"Kemudian untuk tahun depan prioritas kita jalan perawas diselesaikan. Karena keindahan Kayong Utara Kepulauan Karimata cukup indah sekali. Mudah-mudahan nanti bisa jadi objek wisata tujuan dari masyarakat Pontianak sehingga menambah PAD Kayong Utara," tutup Wagub Ria Norsan.

Sementara itu, Wakil Bupati Kayong Utara, Effendi Ahmad menyampaikan terdapat empat prioritas pembangunan di tahun 2024 diantaranya Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Kesehatan, Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Air Bersih Dan Sanitasi, Penurunan Kemiskinan Ekstrim, Pengarusutamaan Peluang Insentif Kawasan Konservasi.

"Hal ini sejalan dengan arah kebijakan nasional yang termuat dalam Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2024," ucap Wabup Effendi.

Wabup Effendi juga memaparkan terdapat 13 indikator kinerja yang telah dicapai pemerintah Kabupaten Kayong Utara yang termuat dalam RPJMD tahun 2019-2023.

"Yaitu Indeks Kesehatan, Indeks Pembangunan Gender, Persentase porsi PAD terhadap total pendapatan daerah, TPT,  Persentase kejadian konflik yang ditangani, Persentase penanganan korban bencana, Nilai IKM, Opini BPK terhadap Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah, Nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instasi Pemerintah (SAKIP), Indeks Kualitas air, Indeks Kualitas udara, Indeks Kualitas Tutupan Lahan (IKTL), Persentase kesesuaian pemanfaatan ruang terhadap RTRW," papar Wabup Effendi.

Kendati begitu, Wabup Effendi juga menambahkan indikator yang belum dicapai diperlukan upaya-upaya yang lebih keras lagi dari pemerintah Kabupaten Kayong Utara untuk mengejar capaiannya hingga akhir periode RPJMD tahun 2023.

"Untuk mencapai target kinerja pembangunan Kabupaten Kayong Utara diperlukan sinergitas semua pihak baik pemerintah, pemerintah provinsi, maupun pemerintah Kabupaten," jelas Wabup Effendi.

"Terkait dengan kewenangan provinsi di Kabupaten Kayong Utara kami sangat mengharapkan komitmen dan konsistensi pemerintah provinsi diantaranya adalah ruas jalan Provinsi Sukadana-Teluk Batang, dibidang Pendidikan menengah dan khusus Kabupaten Kayong Utara juga sangat mengharapkan pembangunan sarana dan prasarana Pendidikan yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi dalam rangka mendorong percepatan peningkatan IPM Kabupaten Kayong Utara," tambah Wabup Effendi. (rif)

Keywords

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda