Kayong Utara post authorKiwi 16 Juli 2021

Wabup Imbau Masyarakat Kayong Utara Jangan Dirikan Bangunan di Atas Saluran Air

Photo of Wabup Imbau Masyarakat Kayong Utara Jangan Dirikan Bangunan di Atas Saluran Air BANJIR - Wakil Bupati Kayong Utara Effendi Ahmad ketika meninjau rumah warga yang terendam banjir di Desa Medan Jaya, Kecamatan Simpang Hilir.  

 

SUKADANA, SP - Cuaca ekstrem beberapa hari terakhir mengakibatkan banjir dan tanah longsor. Wakil Bupati (Wabup) Kayong Utara Effendi Ahmad meminta masyarakatnya tidak mendirikan bangunan di atas saluran air. Sebab, bisa memicu banjir saat curah hujan tinggi.

Saluran air (drainase) yang tersumbat, papar Wabup, menjadi salah satu penyebab banjir.

“Saya harap masyarakat jangan mendirikan bangunan di atas parit, tolong dihentikan," kata Effendi Ahmad saat meninjau rumah warga yang terendam banjir di Desa Medan Jaya, Kecamatan Simpang Hilir.

Menurutnya, normalisasi saluran air sangat penting bagi pemukiman warga yang padat penduduk, agar air dengan mudah mengalir ke sungai.

"Kalau sudah saluran drainase di lingkungan kita mampet, dan kecil air sulit untuk mengalir dengan cepat. Jadi mengakibatkan air meluap dan merendam lingkungan kita," jelasnya.

Dia mengimbau warga Kayong Utara tetap waspada saat kondisi cuaca ekstrem, terutama di daerah yang rawan bencana tanah longsor dan banjir

"Daerah yang berpotensi tanah longsor untuk tetap hati-hati, dan waspada terhadap cuaca seperti ini," pesannya.(ant)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda