Kayong Utara post authorBob 17 Maret 2021 55

Lindungi Anak dari Penyalahgunaan Gadget

Photo of Lindungi Anak dari Penyalahgunaan Gadget Lindungi Anak dari Penyalahgunaan Gadget

SUKADANA, SP - Mencegah anak-anak dari penyalahgunaan gadget perlu peran orangtua. Apalagi pada masa pandemi Covid-19, gadget merupakan salah satu alat untuk menunjang kegiatan belajar secara daring. Sehingga mau tidak mau anak-anak akan menggunakan gawai untuk belajar.

"Kontrol kita sebagai orangtua sangat penting untuk selalu mengawasi, dan memberikan pemahaman kepada anak-anak, agar nantinya terhindar dari penyalahgunaan gawai," terang Bupati Kayong Utara, Citra Duani, Selasa (16/3).

Citra menjelaskan, fungsi gawai tidak sebatas aplikasi permainan dan hiburan. Gawai dapat dimanfaatkan sebagai sarana belajar, mencari informasi terkait tugas belajar, ilmu pengetahuan, dan tutorial dalam mengasah kreativitas. Namun belakangan, peran gawai semakin termarjinalkan hanya sebatas permainan dan hiburan.

"Menyebabkan anak sangat ketergantungan dengan gawai, sehingga lupa waktu," ujar Citra.

Bupati Citra Duani mengingatkan, dampak negatif penggunaan gadget terhadap anak. Citra mengatakan, kehadiran gawai saat ini tidak saja memberikan dampak positif, namun juga negatif. Terutama pada anak-anak.

Gadget yang berisi berbagai macam permainan dapat berpotensi membuat anak kecanduan akan barang elektronik ini. "Dimana waktu yang ada terus dihabiskan untuk bermain dengan gawai tersebut," kata Citra.

Selain itu, penggunaan gadget berlebihan bisa mengganggu kesehatan anak, baik secara fisik akibat kurang bergerak hingga kesehatan mental mereka.

Menurut Citra, teknologi memang berperan penting dalam membantu perkembangan pengetahuan setiap orang, tidak terkecuali anak-anak.

"Kita sebagai orangtua perlu membatasi penggunaannya (gadget, red), agar anak-anak tidak mengalami berbagai gangguan kesehatan akibat kecanduan gawai," terangnya.(arf)

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda