Kayong Utara post authorKiwi 19 Januari 2021 109

Pembebasan Lahan Bandara di Sukadana Tunggu Tim Appraisal

Photo of Pembebasan Lahan Bandara di Sukadana Tunggu Tim Appraisal Ilustrasi

SUKADANA, SP - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kayong Utara memastikan pembebasan lahan untuk bandar udara (Bandara) di Desa Riam Berasap dan Simpang Tiga, Kecamatan Sukadana akan dilakukan tahun ini. Hanya saja masih menunggu Tim Penilai (Appraisal) menyelesaikan tugasnya.

"Belum dapat diperkirakan bulan berapa tahapan pembebasan lahan akan dilaksanakan," ujar Sekretaris Dishub Kayong Utara, Andri Candra, Senin (18/1).

Dishub masih menunggu hasil kerja Tim Appraisal, sebagai pihak penilai pertanahan terhadap lahan yang akan dibebaskan untuk bandara.

"Mereka yang melakukan penilaian berapa taksiran harga (tanah, red) dan segala macam. Kan ada klasifikasi tanahnya. Mereka turun langsung ke lapangan," ujar Andri.

Dia juga menerangkan, Dishub Kayong Utara baru dapat mengeksekusi pembebasan lahan, setelah ada taksiran harga tanah dari Tim Appraisal.

Andri menambahkan, Dishub juga masih akan membentuk Tim Internal dan melakukan rapat-rapat yang berkaitan dengan kesiapan teknis pembebasan lahan.

"Yang pertama memang pembahasan terkait tahapan. Apa-apa saja yang menjadi tahapan untuk pembebasan. Itu mungkin akan menjadi agenda pembahasan di tim nanti," tegasnya.

Dishub, tegas Andri, perlu menyiapkan segala administrasi yang dibutuhkan dan melakukan sosialisasi ke pemerintah desa, tempat dimana bandara akan dibangun.

"Memang kita harus ngumpulkan dulu ini. Mengumpulkan data-data terkait apa saja bentuk-bentuk administrasi untuk pembebasannya," tukas Andri.(arf/yun)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda