Kayong Utara post authorKiwi 19 Juni 2020 79

Danlanal Ketapang Dampingi Bupati KKU saat Peresmian Lembaga Penyalur Program BBM Satu Harga

Photo of Danlanal Ketapang Dampingi Bupati KKU saat Peresmian Lembaga Penyalur Program BBM Satu Harga HADIRI - Danlanal Ketapang, Letkol Laut (P) Abdul Rajab Bodro A, M. Tr. Hanla, mendampingi Bupati Kayong Utara (KKU), Citra Duani, saat meresmikan Lembaga Penyalur Program BBM Satu Harga, Rabu (18/6).

SUKADANA, SP - Danlanal Ketapang, Letkol Laut (P) Abdul Rajab Bodro A, M. Tr. Hanla, mendampingi Bupati Kayong Utara (KKU), Citra Duani, saat meresmikan Lembaga Penyalur Program BBM Satu Harga, Rabu (18/6). Kegiatan tersebut berlangsung di Pelabuhan Teluk Satai, Kecamatan Pulau Maya, KKU.

Lembaga Penyalur Program BBM 1 Harga diberi nama registrasi SPBU Kompak 66.788.004 oleh PT Dusun Maya Abadi. Kegiatan tersebut juga dihadiri Wabup KKU, Effendi Ahmad, Sekda KKU, Hilaria Yusnani, Ketua DPRD KKU, Hasnawi, dan Kepala BPH Migas, M Fanshurullah Asa.

Tampak pula Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementrian ESDM, Kepala PT Pertamina (Persero) Kalbar, Dandim 1203/Ketapang, yang diwakilkan Danramil Pulau Maya, Kapten Saudi, Kapolres KKU diwakilkan Wakapolres, Kompol Hariyanto, Kajari Ketapang diwakilkan Kasipidum, Rudi Hartanto.

Kemudian Ketua UPP Teluk Melano, Kepala Syahbandar M As'Ari serta Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda Kecamatan Teluk Maya.

Rangkaian kegiatan di antaranya menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Pembacaan Doa. Sambutan Sekda KKU, Sambutan Direktur PT Dusun Maya, Sambutan Bupati KKU, Sambutan BPH Migas, Penyerahan cindramata, Penandatanganan prasasti, Peninjauan SPOB, Gunting Pita, kegiatan ramah tamah.

Sekda KKU, Hilaria Yusnani menyatakan, kehadiran bahan bakar satu harga memang sudah lama di nantikan oleh masyarakat Pulau Maya karena dengan adanya pandemik Covid-19 sehingga mengalami keterlambatan.

“Semoga masyarakat dapat menjaga serta membantu kelancaran SPBU 3T (Terluar, Terdepan, Terpencil), yang ada di desa Tanjung Satai, kecamatan Pulau Maya ini,” katanya.

Sementara itu, Direktur PT Dusun Maya, Ridwan, menyampaikan harapannya dengan beroperasi Penyalur Program BBM 1 Harga. “Peresmian ini bisa baik dan lancar serta bermanfaat bagi masyarakat setempat,” katanya.

Wedy Surya, selaku Sales Manager PT Pertamina Persero menyampaikan, Kecamatan Pulau Maya merupakan satu di antara 26 titik yang ditargetkan pemerintah untuk wilayah provinsi Kalimantan Barat sekaligus SPBU satu harga yang diresmikan pertama kali di tahun 2020.

“Selain di Pulau Maya, Pertamina juga melaksanakan program yang serupa khususnya di Kalbat, yaitu di Sambas, landak, Sanggau dan Sintang,” ujar Wedy.

Sambutan Bupati KKU, Citra Duani, menyatakan sesuai Undang-Undang Republik Indonesia (UU) Nomor 22 tahun 2001, tentang Minyak dan gas Bumi pasal 8 tentang Kewajiban Pemerintah untuk Menjamin Ketersediaan dan Kelancaran Pendistribusian BBM kepada masyarakat di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, khusunya di KKU.

“Pemkab berkerja sama dengan TNI-Polri, dalam pengawasan terhadap kecurangan yang dilakukan oleh pihak-pihak orang yang bermain harga BBM dan keamanan. Terutama para pengebom ikan dan kapal-kapal Asing yang mencari ikan di wilayah KKU. Saya akan meminta Danlanal Ketapang untuk menindaknya,” kata Citra.

Kepala BPH Migas, Fasrullah Asa menyatakan, pemerintah sudah menargetkan sampai 2024 ada 500 lokasi BBM satu harga yang akan dibangun di seluruh NKRI. dari Aceh sampai Merauke dari miangas sampai Pulau Rote.

“Sejak 2017-2019 dari 170 tempat pembangunan, Pertamina sudah membangun 160 dan ada 10 PT yang membangun BBM satu harga yang difokuskan di wilayah wilayah 3T (Terluar, Terdepan, Terpencil) karena ini menyangkut masalah keadilan yang merupakan amanah konstitusi,” paparnya. (ril/mal)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda