Kayong Utara post authorBob 18 September 2020 183

Masyarakat Desak Pelabuhan Teluk Batang Segera Dioperasikan

Photo of Masyarakat Desak Pelabuhan Teluk Batang Segera Dioperasikan TERBENGKALAI - Kondisi Pelabuhan Teluk Batang, Kabupaten Kayong Utara. Fasilitas umum ini belum dioperasionalkan sejak dilakukan rehab yang dibiayai dari anggaran tahun 2019. IST

SUKADANA, SP – Tak ada daya ungkit, masyarakat Kabupaten Kayong Utara desak Pelabuhan Teluk Batang segera difungsikan.

“Melihat kondisi Pelabuhan Teluk Batang sekarang tentu sangat miris, karena rehab yang dilakukan di Tahun Anggaran 2019 sampai sekarang belum dioperasionalkan,” ungkap Tokoh Masyarakat Teluk Batang, Bujang ketika bekunjung ke kantor Suara Pemred, Rabu (16/9) pagi.

Persoalan ini, menurutnya menjadi tanda tanya bagi masyarakat. Untuk sementara ini, dia mengatakan, justru aktivitas bongkar muat dilakukan di lahan milik swasta.

“Dilihat dari lokasi saat ini tidak ada daya ungkit kepada masyarakat, karena kendaraan yang bongkar muat bongkar tersebut berada di lahan milik perorangan,” keluh Bujang.

Tak ayal, kerugian yang diakibatkan tidak operasionalnya Pelabuhan Teluk Batang tersebut sangat besar. Padahal pelabuhan sudah dilakukan perehaban, harusnya kegiatan bongkar muat sudah beralih kesana.

Di samping itu, dirinya meminta kepada seluruh pihak untuk melakukan pengawasan, jangan sampai daerah dan masyarakat dirugikan akibat pengerjaan pembangunan yang lamban.

“Jika ada yang tidak beres dalam pengerjaannya, saya harap ditindak tegas bagi pengelola proyeknya, agar ada efek jera. Sebab, pengerjaan proyek fasilitas umum seperti ini, bukan hanya orientasi keuntungan semata,” tegasnya.

Diketahui, Pelabuhan Teluk Batang merupakan suatu objek vital pemerintah, dimana fasilitas ini terdapat aktivitas perpindahan orang dan barang, sehingga berlangsung adanya manfaat nyata yang dirasakan bagi masyarakat sekitar.

“Dengan beroperasionalnya Pelabuhan Teluk Batang ini, tentu kegiatan ekonomi masyarakat berjalan dengan lancar. Di samping itu, keberadaan pelabuhan ini juga mendatangkan pendapatan bagi kas daerah,” tuturnya.

Seyogyanya, pembangunan yang dilakukan pemerintah merupakan suatu upaya untuk memenuhi harapan masyarakat, karena proses pengusulan pembangunan tentunya didasarkan pada kondisi di lapangan.

“Suatu pembangunan dilakukan karena memang yang diusulkan itu belum ada wujudnya atau untuk melakukan perbaikan terhadap infrastruktur yang ada, sehingga jika tidak dilakukan pembangunan akan menggangu aktivitas masyarakat,” pungkas Bujang.(*)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda