Kayong Utara post authorKiwi 23 Maret 2020 420

Bambang Suberkah: Orang Yang Baru Datang Dari Luar Kota, Sebaiknya Lakukan Self Karantina

Photo of Bambang Suberkah: Orang Yang Baru Datang Dari Luar Kota, Sebaiknya Lakukan Self Karantina Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kayong Utara, Bambang Suberkah

SUKADANA, SP - Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kayong Utara, Bambang Suberkah menghimbau warga yang baru datang dari luar kota, terutama kota yang terinfeksi, harus mengkarantina atau mendeteksi diri sendiri.

Dikatakan Bambang, orang tersebut harus Self Karantina, atau mengkarantina diri sendiri. Selama mengkarantina diri sendiri yang minimal 14 hari tersebut, dia mengamati kondisi kesehatannya.

Misalnya apakah ada demam, batuk, atau bersin-bersin, yang dilakukan pengamatan oleh dirinya sendiri.

"Selama hal tersebut dilakukan, diupayakan kalau belum 14 hari, jangan bergaul dengan orang lain. Misalnya dengan keluarga atau tetangga, benar-benar sendirian. Kalau perlu tidurpun memisahkan diri dengan keluarganya. Karena tidak tahu apakah didalam tubuhnya ada virus atau tidak, sebab tidak kelihatan,"terangnya lagi di Sukadana.

Selanjutnya, sambung Bambang, yang mesti dilakukan adalah menghubungi Call Center, menginformasikan bahwa dirinya baru pulang dari luar kota dan telah melakukan self karantina. Dan petugas kesehatan akan mendatanginya.

"Jangan pergi ke fasilitas kesehatan, misalnya puskesmas, karena akan beresiko pada penularan. Jadinya pihak Dinas Kesehatan yang akan mendatangi,"imbuhnya

Kalau penduduk atau masyarakat Kayong Utara yang tidak pernah pergi kemana-mana, tidak perlu panik.

Jadi, jika tidak pernah keluar kota dan tidak pernah berhubungan dengan orang yang dari luar kota, tidak perlu panik.

"Tidak Keluar Kota, Tidak Berhubungan dengan orang dari Luar Kota, terutama kota yang terinfeksi. Insya Allah aman,"pesannya.(rif)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda