Kayong Utara post authorKiwi 24 September 2021

Gencarkan Vaksinasi Menuju Zona Hijau Covid-19

Photo of Gencarkan Vaksinasi Menuju Zona Hijau Covid-19 Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kayong Utara, Kasianus (kanan) saat meninjau kegiatan swab dan vaksinasi di Kabupaten Kayong Utara. 

 

SUKADANA, SP – Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kayong Utara untuk menekan laju penyebaran Covid-19. Salah satunya, menggencarkan vaksinasi agar Kayong Utara bisa menuju zona hijau.

"Langkah gencar vaksinasi, namun vaksinasi kita masih 20 persen. Sementara target kita 90 persen," ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes-KB) Kabupaten Kayong Utara, Kasianus.

Mewakili Kepala Dinkes-KB Kabupaten Kayong Utara Bambang Suberkah, lebih jauh Kasianus mengatakan, Pemkab Kayong Utara terus berupaya mengejar target vaksinasi.

"Pemerintah daerah terus berupaya dalam kegiatan vaksinasi, paling tidak kita mencapai target vaksinasi 70 persen," kata Kasianus.

Dia mengungkapkan, tercapainya target vaksinasi akan membuat terjadi peralih penyebaran Covid-19 dari pandemi menjadi endemi.

"Nanti akan ada peralihan pandemi menjadi endemi, sehingga ada penyesuaian suatu wilayah tertentu. Kalau pandemi kan seluruh dunia, namun endemi adalah penyakit yang muncul dan menjadi karakteristik di wilayah tertentu,  serta menjadi penyakit menular biasa," jelas Kasianus.

Kasianus mengimbau masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes), meski telah divaksin.

“Kita tidak tahu penyebaran itu dimana-mana. Dan 5M itu wajib dilakukan masyarakat," ungkap Kasianus.

Disampaikan Kasianus, dalam sehari Dinkes-KB menargetkan sekitar 100 orang yang disuntik vaksin. Dia juga memastikan ketersedian sarana dan prasarana vaksinasi di Kayong Utara.

"Alhamdulillah, untuk vaksin aman, yang terpenting masyarakat sadar pentingnya vaksinasi dan antusias mengikuti," ujarnya.(ble)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda