Kayong Utara post authorBob 24 November 2022

ISMI Ikut Dorong Perekonomian Kubu Raya

Photo of ISMI Ikut Dorong Perekonomian Kubu Raya ISMI Ikut Dorong Perekonomian Kubu Raya
KUBU RAYA, SP - Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam menghadiri Silaturahmi Bisnis (Silabis) ke-14 Ikatan Saudagar Muslim se-Indonesia (ISMI), Rabu (23/11) di Diamond Ballroom Hotel Golden Tulip Pontianak.
 
Kegiatan dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin. Silabis ISMI se-Indonesia diikuti oleh 300 pengurus ISMI dari seluruh Indonesia.
 
Sekda Yusran Anizam mengapresiasi agenda silaturahmi bisnis yang digelar ISMI. Menurutnya, forum tersebut sangat penting untuk ikut membantu menumbuhkan pekonomian khususnya di Kabupaten Kubu Raya.
 
“Tentu ini membawa kabar baik untuk menumbuhkan perekonomian di Kabupaten Kubu Raya. Dengan semangat ISMI bisa membantu UMKM, seperti arahan Wapres, ini sangat luar biasa. Bagaimana pengusaha besar bisa membantu pengusaha lemah dalam menghidupkan UMKM, bisa bersinergi, berkolaborasi, dan dibina oleh pengusaha besar dari ISMI,” tuturnya. 
 
Yusran menekankan tugas ISMI adalah membantu perkembangan UKM syariah dan pebisnis muslim. Seperti dengan melakukan beragam pembinaan, pendampingan bisnis, membangun jejaring, menyalurkan pada akses pembiayaan, hingga meningkatkan pemasaran.
 
"ISMI ini ingin membuat yang tadinya memiliki usaha ultra mikro jadi mikro, mikro jadi kecil, kecil jadi menengah, dan menengah jadi besar," terangnya.
 
Yusran mengatakan meski ISMI tidak berbisnis secara langsung, keberadaannya sangat strategis. Sebab ISMI fokus sebagai inisiator program dengan konsep mendalam, mendorong program, mengomunikasikan program, memediasi program, dan mengadvokasi program. 
 
“Peran ISMI dalam pengembangan usaha yakni sebagai koordinator, inisiator, fasilitator, dan aggregator,” ujarnya.
 
Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengungkapkan Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) dibentuk berdasarkan kesepakatan empat organisasi kemasyarakatan besar di Indonesia, yakni Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, dan Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI). 
 
Ia menyatakan sebagai wadah pengusaha muslim Indonesia, ISMI memiliki potensi besar untuk membantu membangun ekonomi yang inovatif, inklusif, dan kolaboratif. Untuk itu, dengan semangat menumbuhkan ekonomi keumatan yang berkeadilan, ISMI diharapkan terus berperan nyata dalam upaya pemulihan ekonomi nasional yang terimbas krisis multidimensi sekarang ini.
 
“Saya meminta ISMI untuk terus mengoptimalkan segenap potensi dan kesempatan, serta mengambil peran nyata dan signifikan dalam mendukung ekonomi pulih lebih cepat dan lebih kuat,” tegas Wakil Presiden Ma’ruf Amin.
 
Ma’ruf Amin yang juga Ketua Dewan Pembina ISMI mengajak untuk memanfaatkan dan menyejahterakan masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi umat. 
 
“Saya sangat bangga adanya langkah-langkah pembangunan di sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) sebagai langkah pemberdayaan masyarakat dalam menghilirisasi produk-produk di daerah,” kata Ma'ruf Amin.
 
Ma'ruf Amin juga berharap forum Silabis menjadi momentum bagi para pengusaha muslim untuk terus bersinergi menggerakkan aktivitas ekonomi syariah melalui pemberdayaan ekonomi. (lwu)
Keywords

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda