Kayong Utara post authorKiwi 26 Juni 2020 50

Penyerahan Bantuan untuk Masyarakat Kayong Terdampak Corona Tunggu Kebijakan Pusat

Photo of Penyerahan Bantuan untuk Masyarakat Kayong Terdampak Corona Tunggu Kebijakan Pusat BANTUAN - Bupati Kayong Utara, Citra Duani menyerahkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di Desa Gunung Sembilan, Kecamatan Sukadana, Selasa (23/6).

Meski telah menyiapkan anggaran untuk meng-cover warga kurang mampu yang tidak masuk dalam daftar penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), Pemerintah Kayong Utara belum bisa menyalurkan bantuan tersebut, karena masih menunggu kebijakan dari pemerintah pusat.

Penegasan itu disampaikan Bupati Kayong Utara, Citra Duani setelah menyerahkan antuan BLT-DD di Desa Gunung Sembilan, Kecamatan Sukadana, Selasa (23/6).

Menurut Citra, dalam masa pandemi Virus Corona atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), pemerintah telah memangkas anggaran sesuai petunjuk dan instruksi dari pusat. "Pemerintah daerah telah menganggarkan, namun sampai saat ini kita menunggu instruksi dari pusat. Namun, jika tidak ada instruksi dan regulasi terkait bantuan Dana Desa, pemerintah daerah belum bisa melaksanakan, karena bisa menjadi temuan," ungkapnya.

Citra menambahkan, sebenarnya terkait ini, Pemkab telah meminta desa untuk melakukan pendataan dan melaporkan ke Bupati, dan sampai saat ini sebenarnya tidak ada masalah.

"Banyak desa sudah menyalurkan BLT-DD. Bahkan, ada yang sudah sampai pada tahap II, namun ada segelintir desa yang masih mempermasalahkan bantuan ini, meminta bantuan terkait kekurangan dananya melalui APBD. Namun, sampai saat ini belum ada regulasinya," ujar Citra.

Terkait BLT-DD, Bupati Citra menegaskan, kepala desa diberikan kewenangan untuk melakukan pendataan langsung ke masyarakat. Bagi mereka yang belum pernah menerima bantuan apapun seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Tunai (BST), dan bantuan lain supaya diberikan BLT-DD.

"Aturannya sudah jelas, sekarang tinggal mendatanya. Jangan sampai yang tidak berhak menerimanya tetap dikasi, kita sesuaikan, benar-benar mereka yang terdampak Covid, yang belum mendapatkan bantuan. Jangan bagi yang mampu juga dikasi," tegas Citra.

Pemkab akan melakukan evaluasi mengenai penyaluran BLT-DD. Citra mengatakan, dalam waktu dekat seluruh kepala desa dan BPD akan diundang bersama Inspektorat.

"Dalam waktu dekat kita akan mengundang para kepala desa beserta BPD untuk membahas dan mengevaluasi penyaluran BLT-DD bersama Inspektorat, untuk melakukan pengawasan," tutur Citra.

Bupati Citra berpesan, penyaluran bantuan terdampak Covid-19 jangan sampai disunat (dipotong), harus sesuai aturan yang telah ditetapkan. “Lakukan musyawarah desa, kemudian seleksi, jangan dipaksakan. Yang kita bantu ini orang yang benar-benar kesulitan dalam hal ekonomi," tegas Citra.(hms/yun)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda