Kayong Utara post authorKiwi 27 Januari 2021 129

Sebanyak 25 Rumah Warga Pelapis Bakal Dibedah

Photo of Sebanyak 25 Rumah Warga Pelapis Bakal Dibedah STIKER - Bupati Kayong Utara, Drs Citra Duani menempel Stiker Bedah Rumah Swadaya Layak Huni di Desa Pelapis, Kecamatan Kepulauan Karimata, Kamis (21/1)   

SUKADANA, SP – Menggunakan anggaran tahun 2020 sebanyak 25 rumah warga Desa Pelapis, Kecamatan Kepulauan Karimata mendapatkan bantuan bedah rumah. Meski masih refocusing anggaran akibat pandemi Virus Corona atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), program tersebut dipastikan akan berlanjut tahun ini.

Begitu ditegaskan Bupati Kayong Utara, Drs Citra Duani ketika melakukan penempelan Stiker Bedah Rumah Swadaya Layak Huni di Desa Pelapis, Kecamatan Kepulauan Karimata, Kamis (21/1) lalu.

"Penempelan stiker bedah rumah yang kita laksanakan ini, sebagai tanda bahwa rumah tersebut telah resmi dan selesai dikerjakan, serta sudah dapat dihuni dan dinikmati oleh pemiliknya dengan layak," kata Bupati.

Bupati menerangkan, tahun 2020 di Desa Pelapis mendapatkan bantuan bedah rumah sebanyak 25 unit. Melalui Program Bedah Rumah Tidak Layak Huni tersebut, maka masyarakat sangat terbantu, karena mayarakat memang sangat menginginkan rumah yang layak untuk ditempati.

Bupati Citra mengungkapkan, Program Bedah Rumah Tidak Layak Huni ini akan berlanjut, sehingga bantuan tersebut akan merata ke seluruh daerah di Kayong Utara.

"Bantuan bedah rumah ini akan terus berlanjut, namun dengan adanya refocusing anggaran akibat pandemi Virus Corona atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), maka bantuan tersebut akan berkurang. Tetapi tahun ini kita akan prioritaskan bagi daerah-daerah yang belum dapat. Sehingga bantuan ini bisa merata," ungkap Bupati.

Sementara itu, Sekretaris Komisi II DPRD Kayong Utara, Bung Tomo mengapresiasi terlaksananya Program Bedah Rumah yang telah selesai dikerjakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Perkim LH Kabupaten Kayong Utara. Menurutnya, bantuan tersebut sangat bermanfaat dan membantu bagi masyarakat Kepulauan Karimata.

"Kami sangat mengapresiasi Pemkab yang telah memprogramkan, dan telah menyelesaikan bedah rumah, karena dengan adanya program ini, maka masyarakat bisa menempati rumah yang layak huni. Yang tadinya mereka tinggal di rumah reok dan bangunannya tidak permanen, kini mereka sudah bisa menempati rumah yang layak huni," ungkap Bung Tomo.

Politisi Partai Golkar itu mengatakan, untuk infrastruktur di Kecamatan Kepulauan Karimata telah mengalami kemajuan. Beberapa infrastruktur yang sekarang sudah ada, seperti pembangunan beberapa pelabuhan dan ruas-ruas jalan dan Puskesmas yang cukup megeh di Desa Padang.

“Saya berharap infrastruktur itu ditingkatkan. Puskesmas juga didukung dengan operasional dan para medis yang memadai,” harapnya.(hms/yun)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda