Kayong Utara post authorKiwi 28 Maret 2020 434

Tim Kesehatan KKU Datangi Keluarga PDP yang Meninggal dan Yang Pernah Kontak Langsung

Photo of Tim Kesehatan KKU Datangi Keluarga PDP yang Meninggal dan Yang Pernah Kontak Langsung Kadinkes KKU, Bambang Suberkah

SUKADANA, SP - Wafatnya satu PDP Covid-19 di Ketapang, yang merupakan salah seorang warga Kabupaten Kayong Utara, disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kayong Utara, Bambang Suberkah, bahwa dirinya telah menjalin komunikasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Ketapang, Rustami.

Dirinya menyampaikan juga telah mengirim dan memberi arahan kepada petugas tim kesehatan agar menginformasikan kepada keluarga almarhum, terutama anak istrinya apa yang harus mereka lakukan.

"Jadi, mereka tetap harus diisolasi. Meskipun tidak ada bukti bahwa almarhum ini positif. Sambil menanyakan juga, siapa-siapa saja yang kontak erat dengan almarhum,"terang Bambang di Posko Covid-19, Kantor Dinkes Kabupaten Kayong Utara, Sabtu (28/3).

Ditambahkannya, ada juga salah satu warga di Seponti Jaya, yang pernah kontak erat dengan almarhum, yang merupakan rekan sepengajian.

"Teman almarhum ini dan keluarganya, juga sudah kami berikan arahan untuk diperiksa tim medis dari Puskesmas Telaga Arum,"sambungnya.

Lebih lanjut diterangkan Bambang, pada intinya, semua keluarga almarhum, termasuk teman-teman dekat yang pernah berhubungan untuk mengisolasi diri. Dan status mereka tersebut, lanjut Bambang, menurut kriteria yang dikeluarkan Provinsi, belum bisa ditetapkan sebagai ODP.

"Sebab penetapan status ODP, mesti harus ada gejala-gejala terlebih dahulu. Jadi sebenarnya belum bisa kami laporkan ke Provinsi sebagai ODP, tetapi tetap kami lakukan pemantauan,"imbuhnya.

Bambang juga sudah menginstruksikan untuk mengisolasi diri selama 14 hari. Namun jika alat Rapid Test sudah datang di Kabupaten Kayong Utara, Dinkes bisa melakukan test, tanpa menunggu 14 hari.

"Jika alat Rapid Test datang, kami lakukan test. Jika hasilnya negatif, akan diulang kembali, selama dua kali,"tukasnya.(rif)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda