Kayong Utara post authorKiwi 13 Januari 2021

Kemandirian Ekonomi Perempuan Kayong Utara, Bentuk Kelompok di Lima Desa

Photo of Kemandirian Ekonomi Perempuan Kayong Utara, Bentuk Kelompok di Lima Desa KELOMPOK PEREMPUAN - Selama lima hari, Jumat-Selasa (8-12/1) pertemuan digelar Lembaga Gemawan untuk memfasilitasi pembentukan Kelompok Perempuan di lima desa se-Kabupaten Kayong Utara.

Mendorong keterlibatan dan meningkatkan peran perempuan untuk berpartisipasi aktif dalam bidang ekonomi, sosial, pembangunan dan lain-lain secara langsung maupun tidak langsung, Lembaga Gemawan memfasilitasi pertemuan untuk pembentukan kelompok perempuan di lima desa se-Kabupaten Kayong Utara.

Kegiatan pembentukan kelompok perempuan dilakukan secara terpisah selama lima hari, Jumat-Selasa (8-12/1) di Desa Banyu Abang Kecamatan Teluk Batang, serta Desa Podorukun, Desa Wonorejo, Desa Seponti Jaya dan Desa Telaga Arum di Kecamatan Seponti.

Kegiatan ini dihadiri perwakilan perempuan di masing-masing desa yang hadir dengan dari latar belakang profesi berbeda seperti petani sayur, penerima upah tani dan kebun, pengrajin makanan, ibu rumah tangga, dan lain sebagainya.

Selain agenda pembentukan Kelompok Perempuan yang dilakukan secara musyawarah dengan menentukan nama kelompok dan susunan pengurus, kegiatan itu juga diisi dengan mengidentifikasi potensi yang ada di desa masing-masing dari sektor perkebunan, pertanian, perikanan dan lain sebagainya oleh masing-masing kelompok.

Secara bersamaan juga dipresentasikan hasil dari pemetaan potensi yang dimiliki oleh anggota, pengurus dan lingkungan sekitar untuk kemudian dikembangkan guna mendukung dan mendorong ekonomi perempuan.

Samsiroh, salah satu pengurus Kelompok Perempuan Sri Rezeki dari Desa Seponti Jaya bersyukur dengan hadirnya Lembaga Gemawan yang memfasilitasi terbentuknya kelompok perempuan.

Dia berharap kelompok ini akan menjadi salah satu wadah dalam memajukan potensi perempuan yang ada di desa, khususnya Desa Seponti Jaya.

“Kami sangat berharap melalui program yang nantinya akan dilaksanakan, mampu meningkatkan potensi yang dimiliki ibu-ibu. Sehingga dapat menambah penghasilan dalam meningkatkan ekonomi keluarga," ungkap Samsiroh di Seponti, Selasa (12/1).

Harapan senada disampaikan Jamakatun dari Desa Podorukun. Menurutnya, inisiasi yang dilakukan Lembaga Gemawan mampu meningkatkan semangat untuk berkumpul.

“Sehingga bisa menjadi tempat bagi kami untuk bersilaturahmi. Kami juga bisa saling berbagi informasi, pengetahuan dan pengalaman antar sesame. Harapan kami, melalui organisasi ini bisa sama-sama memajukan kaum perempuan, termasuk yang ada di desa,” ucapnya.

Lebih lanjut Maulisa, Pendamping Lembaga Gemawan di Kabupaten Kayong Utara menjelaskan, kegiatan ini sejalan dengan visi dan misi dari Lembaga Gemawan, yakni sebagai lembaga pengembangan masyarakat mandiri yang merupakan perkumpulan yang didirikan pada 21 April 1999.

Lembaga Gemawan memandang pentingnya upaya memperkuat peran aktif perempuan dalam pengelolaan sumber daya alam, dan pembanguan. Untuk itu, diperlukan kelompok perempuan yang dapat mengakomodir kegiatan perempuan, salah satunya di Kabupaten Kayong Utara.(arf/yun)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda