Ketapang post authorKiwi 01 Maret 2021 205

Lima Wartawan Ketapang Lulus UKW

Photo of Lima Wartawan Ketapang Lulus UKW Foto lima wartawan dari Ketapang yang lulus UKW.

KETAPANG, SP - Lima orang wartawan utusan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Ketapang yang mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Kalimantan Barat angkatan ke-IV dan V dinyatakan kompeten atau lulus ujian. UKW ini digelar oleh PWI dan Dewan Pers, di Hotel Aston Pontianak, Sabtu (27/2) hingga Minggu (28/2).

Kelima wartawan Ketapang yang lulus UKW tersebut adalah Theo Bernadhi dari Harian Suara Pemred yang mengambil jenjang Muda, Nur Imam Satria dari Tribun Pontianak dengan jenjang Muda, Muhammad Fauzi dari Inside Pontianak dengan jenjang Muda, Abdul Salim dari Jurnalis.co.id dengan jenjang muda dan Ahmad Sofi dari Pontianak Post dengan Jenjang Utama.

Pada pelaksanaan UKW Nasional angkatan ke 508 dan 509 tersebut diikuti 53 peserta dari berbagai Wartawan daerah di Kalbar. Berdasarkan pengumuman Dewan Pers, 47 dinyatakan berkompeten dan enam lainnya belum berkompeten.

Ketua PWI Kalbar, Gusti Yusri mengatakan, di pelaksanaan UKW kali ini diikuti 53 peserta. Semua dibagi menjadi 9 kelas, terdiri dari satu kelas utama berisi enam orang, satu kelas madya berisi enam orang dan tujuh kelas muda dengan total 42 orang.

“Hasilnya ada 47 wartawan yang dinyatakan kompeten. Selebihnya belum kompten dan harus mengulang. Saya harap yang belum kompeten ini tidak berkecil hati dan terus berusaha," kata Yusri saat menyanpaikan sambutan di penutupan UKW, Minggu (28/2).

Terhadap para wartawan yang kompeten, dia berharap dapat lebih profesional dan mampu menunjukkan kualitas dalam menjalankan tugas, serta tetap berpegang teguh kepada Kode Etik Jurnalistik.

Sementara itu, Ketua Pokja PWI Ketapang, Ahmad Sofi mengaku bersyukur karena semua utusan PWI Ketapang dinyatakan borkempeten. Informasi tersebut didapat oleh peserta dari masing-masing penguji mereka.

"Sesuai informasi dari rekan - rekan peserta UKW, terutama jenjang muda, mereka dinyatakan kompeten. Begitupun saya di jenjang utama, alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan," ucap Ahmad Sofi, Senin siang.

Menurut dia, dengan lulusnya para peserta utusan PWI Ketapang, diharapkan dapat semakin meningkatkan kualitas diri dan membagi ilmu dan pengalaman kepada rekan-rekan lain yang belum berkesempatan ikut UKW.

"Bagi rekan lain yang belum berkesempatan ikut UKW tahun ini, kita dorong untuk bisa ikut pada UKW mendatang di Kalbar. Sebab semakin banyak yang UKW, akan semakin bagus karena akan semakin menambah tanggung jawab untuk menjadi wartawan profesional sesuai kode etik jurnalistik," akunya. (Teo)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda