Ketapang post authorBob 03 Desember 2020 82

Kelompok Tani Binaan CITA di Kecamatan Marau Lakukan Kegiatan Panen Sayur

Photo of Kelompok Tani Binaan CITA di Kecamatan Marau Lakukan Kegiatan Panen Sayur PANEN SAYUR - Tim CSR CITA foto bersama petani usai melakukan panen sayur, belum lama ini. IST

KETAPANG, SP - Kelompok Tani Dusun Pesanggaran di Desa Karya Baru Kecamatan Marau - Ketapang yang merupakan binaan PT Cita Mineral Investindo Tbk (CITA) site Operasional Air Upas melalui program CSR (Corporate Social Responsibility), kembali melakukan kegiatan panen raya sayur-sayuran, kemarin.

Adapun berat total tanaman sayur yang berhasil dipanen lebih dari 3,3 ton dari luas lahan 2 hektare yang berhasil ditanam.

Kegiatan panen dilakukan di lokasi program Pertanian Palawija dan Hortikultur Kelompok Tani Dusun Pesanggaran Desa Karya Baru Kecamatan Marau.

Dalam panen raya yang dilakukan, Kelompok Tani Dusun Pesanggaran tersebut begitu bersyukur dan antusias.

Dari total luas tersebut banyak tanaman sayur yang berhasil ditanam dan dipanen yaitu berupa jenis sayuran jagung sebanyak 6 kwintal, sawi 3 kwintal, timun 7 kwintal, peria (pare) 1,5 Ton, kacang panjang 30 kg, dan gambas 2 kwintal.

Agustinus selaku Manager CSR CITA - Site Air Upas mengatakan, panen ini menjadi bukti nyata bahwa petani merupakan ujung tombak ketahanan pangan masyarakat terlebih di era pandemi Covid 19 yang masih terus berlangsung di Indonesia yang berakibat juga terhadap ketahanan pangan.

"Puji syukur kita ucapkan kepada Tuhan, dimana program CSR CITA dapat membantu masyarakat terlebih petani yang berada di area operasional perusahaan. Hari ini masyarakat telah merasakan manfaat dari adanya program CSR terlebih dibidang pertanian, yang mana petani binaan kami mampu melaksanakan panen sayur yang cukup maksimal hasilnya. Meskipun kondisi kita saat ini sedang dilanda pandemi Covid 19 tapi petani petani binaan kami mampu membuktikan eksistensinya, bahkan masih bisa terus berkembang dan menghasilkan," ujarnya.

Hal tersebut, ditambahkan Agustinus juga menjadi tolak ukur bahwa petani merupakan ujung tombak ketahanan pangan di Indonesia, karena itu para petani harus mendapatkan bantuan, arahan dan binaan dan merupakan bagian dari fungsi program-program yang dijalankan oleh Tim CSR CITA.

Sementara itu,Ketua Kelompok Tani Dusun Pesanggaran Desa Karya Baru Kecamatan Marau, Kasranudin mengaku bersyukur dan gembira atas keberhasilan kegiatan program tanaman Palawija dan Hortikultura yang dibina oleh CITA.

Menurutnya, panen ini merupakan panen kesekian kalinya yang dia lakukan sebagai bukti bahwa kelompok tani yang diketuainya telah menjalankan program dengan baik.

"Kami tak henti-hentinya berucap syukur kepada Tuhan dan berterimakasih kepada pihak perusahaan PT Cita Mineral Investindo Tbk yang sampai saat ini masih terus berkomitmen dalam membina kami semua. Ini merupakan bukti nyata kami kepada pihak perusahaan bahwa apa yang kita lakukan benar-benar nyata dan terbukti sebagai seorang petani," ungkap dia.

Untuk itu, dirinya berharap dari sekian hasil yang didapatkan, perusahaan masih bersedia membantu, mengarahkan, membina, dan terus berperan aktif kepada kelompok tani.

"Saya berharap juga pertanian kami menjadi contoh bukti nyata kepada masyarakat lain yang pada umumnya ingin melakukan kegiatan pertanian juga," pungkas Ikas sapaan akrabnya. (teo)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda