Ketapang post authorKiwi 08 Juni 2023

Pemkab Gelar Rapat Persiapan Keberangkatan CJH

Photo of Pemkab Gelar Rapat Persiapan Keberangkatan CJH Pemkab Gelar Rapat Persiapan Keberangkatan CJH

KETAPANG,SP - Wakil Bupati Ketapang H. Farhan, SE., M.Si, pimpin rapat persiapan pelepasan dan keberangkatan Calon Jama'ah Haji (CJH) Ketapang, diruang rapat utama Kantor Bupati Ketapang, Kamis (8/6/2023).

Pada saat diwawancarai Farhan mengatakan jumlah Calon Jama'ah Haji (CJH) Kabupaten Ketapang pada tahun ini berjumlah 239 jama'ah di tambah dengan 2 petugas total berjumlah 241, namun jumlah tersebut berkurang dikarenakan 1 jama'ah haji tidak dapat diberangkatkan di karenakan sakit, terkini jumlah yang akan diberangkatkan ke tanah suci Mekkah berjumlah 240.

Selanjutnya Farhan mengatakan jama'ah haji akan berangkat pada senin, 19/06/2023 dan akan di lepas di rumah jabatan pendopo Bupati Ketapang, menuju ke bandara Rahadi Oesman, dengan dibagi empat kali penerbangan yang diperkirakan waktu penerbangan pada pukul 07:00 Wib, 09:00Wib, 11:00Wib, 13:00 Wib. Setelah sampai di Bandara Supadio Pontianak, CJH Ketapang akan di fasilitasi mengunakan BIS menuju ke Hotel Orchard Pontianak.

Selanjutnya pada Selasa, 20 Juni 2023 CJH Ketapang bergabung bersama CJH dari Kabupaten lainnya, di rencanakan akan dilepas oleh Gubernur Kalbar H. Sutarmidji S.H., M.Hum., dengan di bagi 2 kali penerbangan pada Kelompok Terbang (Kloter) 31 menuju Embarkasi Batam.

Dari Embarkasi Batam, Bandara Udara Internasional Hang Nadim, CJH Ketapang akan dilepas berangkat menuju ke Madinah, pada Rabu, 21 Juni 2023

Untuk diketahui dari jumlah total keberangkatan calon jama'ah haji dari Kabupaten Ketapang pada tahun 2023, terdiri dari 109 pria dengan persentase 45,42%, wanita berjumlah 131 dengan persentase 54,58%,.

Sedangkan pada kelompok umur terbagi dari: kurang dari 40 tahun berjumlah 13 jama'ah dengan nilai persentase 5,42%, dan pada umur antara 40 sampai 49 tahun berjumlah 54 jama'ah dengan persentase 22,50%, dan selanjutnya diantara umur 50 sampai 59 tahun berjumlah 87 jama'ah dengan nilai persentase 36,25%, sedangkan pada kelompok umur jama'ah lebih dari 60 tahun berjumlah 86 jama'ah atau 35,83%.

Wabup mengingatkan dengan tingginya jumlah lansia ia menghimbau kepada seluruh jama'ah untuk menjaga kesehatan, selain itu ia pun berpesan kepada petugas terkait untuk memperhatikan kesehatan jama'ah pada saat keberangkatan hingga ibadah di tanah suci Mekkah, salah satu nya persiapan bagi jama'ah yang menggunakan kursi roda.

"Prinsipnya pada rapat ini, kita ingin memberikan pelayanan terbaik untuk calon jama'ah haji, dan kita ingin jaga calon jama'ah haji ini tetap sehat, tetap bugar, dengan persiapan-persiapan keberangkatan di antaranya perencanaan pelaksanaan pelayanan transportasi, akomodasi, konsumsi, kesehatan, dokumen perjalanan, dan administrasi; serta Pembinaan, dan Perlindungan," tukasnya. (Teo/*)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda