Ketapang post authorKiwi 10 Juni 2021

Legislatif dan Eksekutif Harus Kompak Bangun Daerah

Photo of Legislatif dan Eksekutif Harus Kompak Bangun Daerah Istimewa

KETAPANG, SP - Pemerintah Daerah Ketapang melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Grand Zuri Ketapang pada Rabu (9/6) ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Ketapang, Farhan.

Farhan mengatakan, Musrenbang ini merupakan salah satu tahapan yang harus dilaksanakan dalam rangka penyusunan RPJMD. Agenda penting lainnya setelah Musrenbang adalah penyampaian dan pembahasan Raperda RPJMD 2021-2026 kepada DPRD yang akan disampaikan pada minggu ketiga Juni 2021, sebelum akhirnya dievaluasi oleh Gubernur Kalimantan Barat.

Farhan menjelaskan, RPJMD Ketapang tahun 2021-2026 berfungsi sebagai pedoman dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), Rencana Strategis Perangkat Daerah (Renstra) dan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RENJA).

"Pertumbuhan ekonomi daerah yang cendrung melambat dan turun akibat pandemi Covid-19, pengurangan kemiskinan, pengangguran dan perbaikan kualitas sumber daya manusia daerah, serta kesenjangan antara wilayah menjadi fokus utama perencanaan pembangunan lima tahun kedepan. Ini yang dituangkan dalam visi dan misi Kabupaten Ketapang 2021-2026," ungkap Farhan.

Mantan Sekda Ketapang ini mengajak kepada semua orang dalam Musrenbang RPJMD Ketapang tahun 2021-2026 ini untuk melakukan penajaman.

"Musrenbang ditujukan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi fan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi dan arah kebijakan dan program pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD," paparnya.

Ketua DPRD Ketapang, M. Febriadi, mengajak Pemerintah Daerah Ketapang untuk bersama-sama bersinergi dan menjalin hubungan yang baik serta komunikasi yang baik dengan Bupati, Gubernur dan lainnya.

"Kami berharap antara legislatif dan eksekutif selalu kompak dan tidak ada kesalahpahaman dan pembangunan daerah tidak terhambat sesuai dengan visi misi Bupati dan wakil Bupati Ketapang," katanya.

Selain dihadiri Wakil Bupati Ketapang, Farhan, dan Ketua DPRD Ketapang, M. Febriadi, kegiatan tersebut juga dihadiri Dandim 1203 Ketapang, Letkol Kavaleri Suntara Wisnu Budi Hidayanta, Danlanal Ketapang Letkol Laut (P) Abdul Rajab, Kapolres Ketapang, AKBP Wuryantono, Kajari Ketapang, Alamsyah, Ketua Pengadilan Negeri Ketapang, Samuel Ginting, serta para kepala OPD di lingkungan Pemda Ketapang. (Teo/PK)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda