Ketapang post authorKiwi 10 September 2020

Gelar Bedah Buku, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pacu Semangat Menulis Generasi Muda

Photo of Gelar Bedah Buku, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pacu Semangat Menulis Generasi Muda

KETAPANG, SP - Guna menumbuhkan spirit serta memantik semangat menulis generasi muda, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Ketapang menggelar kegiatan bedah buku kesultanan Matan Tanjungpura yang berlangsung di halaman kantor Kearsipan dan Perpustakaan, Jum’at (4/9) lalu.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Kearsiapan dan Perpustakaan Ketapang, Absolon mengatakan tujuan kegiatan bedah buku dilakukan pihaknya untuk tujuan memantik semangat menulis generasi muda serta menjadi media edukasi dalam membedah buku.

“Karena perpustakaan ini adalah sumber informasi dan ilmu pengetahuan sehingga harus berperan aktif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya, Kamis (10/9).

Untuk itu, Absolon mengaku pihaknya berupaya untuk memfasilitasi kegiatan-kegiatan positif termasuk mewadahi karya tulisan buku Kesultanan Matan Tanjungpura dan Sukadana yang ditulis oleh Gusti Carma.

“Buku kesultanan matan merupakan karya cemerlang dari penulis, sangat banyak manfaat dan dibutuhkan bagi Pemda dan masyarakat Ketapang agar dapat memahami sejarah berdirinya kesultanan matan tanjungpura dan sukadana,” tuturnya.

Absolon menambahkan, bahwa saat ini pihaknya telah bertraspormasi berbasis inklusi sosial atau perpustakaan sendiri tidak hanya sebatas tempat membaca atau pinjam buku saja.

“Namun sudah berinovasi memberikan layanan seperti bedah buku, internet gratis, kursus bahasa inggris, bahasa arab, bahasa daerah, promo produk UMKM, pelatihan cara budidaya tanaman dan hal positif lain yang dapat berdampak manfaatnya bagi banyak orang, termasuk mobil perpustakaan keliling, layanan ruang baca anak dan dewasa,” akunya. (Teo)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda