Ketapang post authorBob 13 Juli 2020 98

Kampanyekan Bersepeda, KSK Ketapang Sukses Gelar Gowes Ketapang-Pontianak

Photo of Kampanyekan Bersepeda, KSK Ketapang Sukses Gelar Gowes Ketapang-Pontianak FOTO BERSAMA - Para peserta gowes Ketapang-Pontianak foto bersama saat finish di Tugu Digulis Pontianak. IST

KETAPANG, SP - Komunitas Sepeda Ketapang (KSK) sukses menggelar gowes sejauh 525 Kilometer dengan rute Ketapang - Pontianak dalam rangka Tour de KEPO.

Gowes perdana dengan rute Ketapang - Pontinak berhasil dilakukan dengan diikuti sedikitnya 16 pesepeda.

Kegiatan gowes dimulai di Tugu Ale-ale Kabupaten Ketapang pada Jumat 10 Juli dan finish di Tugu Digulis Kota Pontianak pada Minggu 12 Juli 2020 yang diselesaikan dengan total tiga etape.

Ketua Panitia Kegiatan, Effendy mengatakan, setelah sukses menyelesaikan kegiatan gowes perdana dengan rute Ketapang - Pontianak dan ditempuh dengan jarak sejauh 525 Km, ke depan dirinya optimis kegiatan dapat diagendakan rutin.

"Tujuan kegiatan kita ingin menjajal lintasan perjalanan. Selama ini kegiatan tour di luar Ketapang seperti di Sambas, Borobudur atau Tour the Bali makanya kita coba di daerah sendiri," kata Effendy, Senin (13/7).

Effendy mengaku, kegiatan ini diselenggarakan secara spontan oleh pihaknya. Setelah melihat dan survei di sejumlah rute, pihaknya berencana akan menjadwalkan kembali dan akan menjadikan gowes menjadi sebuah even yang dengan skala lebih besar.

"Tujuan lain kegiatan ini bentuk ajakan kami dalam mengkampanyekan bersepeda untuk kesehatan dan menjaga kebugaran fisik," tuturnya.

Sementara itu, Ketua KSK Salamudin yang juga sebagai peserta pada gowes tersebut mengatakan, Tour de KEPO menurutnya sebagai ajang pembanding keekstriman atau tingkat kesulitan yang meliputi tanjakan dan turunan serta keindahan pemandangan sepanjang lintasan tour, khususnya untuk daerah Kabupaten Ketapang.

Rute Ketapang - Pontianak dengan menggunakan sepeda memang belum pernah dilakukan oleh komunitas sepeda manapun, jadi untuk kegiatan ini hanya diikuti oleh peserta yang dipilih dan terlatih adapun  peserta yang terpilih antara lain Salamuddin, Fandy Herman, Ronny, Atek, Asan, Akiang, Tan cun Sheng, Hendra, Agok, Iwan, Ismail, Anggit, Rio Sanata, Dwi Cervelo, Jabir dan Nina Puspa Wardani yang juga merupakan atlet balap sepeda Nasional.

"Setelah menyelesaikan etape satu Ketapang -  Sandai, etape dua Sandai - Tayan dan etape tiga Tayan - Pontianak seluruh peserta berkesimpulan bahwa rute ini adalah rute menantang dan tidak kalah menantang dan indah dari rute - rute di pulau Jawa dan Bali, bahkan Malaysia dan Singapura. Dan rute ini layak untuk diketahui oleh para pencinta sepeda nusantara dan luar negeri,” nilainya.

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut membantu menyukseskan kegiatan ini antara lain Dinas Pemuda dan Olahraga Ketapang, KONI Ketapang dan rekan-rekan komunitas sepeda di Ketapang lainnya. (teo)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda