Ketapang post authorKiwi 13 Oktober 2021

Genjot Luas Tanam, Tingkatkan Produktifitas Pangan

Photo of Genjot Luas Tanam, Tingkatkan Produktifitas Pangan Akhmad Humaidi

KETAPANG, SP - meningkatkan produktifitas pangan, Pemerintah Kabupaten Ketapang berupaya memanfaatkan lahan pertanian yang sudah ada seoptimal mungkin.

Pemda juga semakin gencar memanfaatkan lahan tidur untuk dijadikan lahan pertanian.

Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perkebunan Kabupaten Ketapang, Akhmad Humaidi, menilai kalau Ketapang merupakan daerah yang berpotensi untuk pengembangan budidaya tanaman pangan.

Namun, masih banyak lahan yang belum tergarap dengan baik untuk tanaman pangan.

“Ketapang ini sangat luas, namun yang digunakan untuk lahan pertanian yang produktifitas sampai saat ini hanya 32 ribu hektare saja. Masih ada lahan tidur. Sementara kebutuhan pangan kita masih banyak disuplai dari luar Ketapang,” kata Humaidi, kemarin (13/10).

Humaidi melanjutkan, untuk memenuhi kebutuhan pangan di Ketapang salah satunya adalah meningkatkan produktifitas pangan.

Maka dari itu, guna mencapai tujuan tersebut, maka terlebih dahulu meningkatkan luasan tanam.

"Dengan penambahan luas tanam, maka secara otomatis produktifitasnya juga akan meningkat,” terangnya.

Humaidi mengungkapkan, guna meningkatkan produktifitas tersebut, Pemerintah Kabupaten Ketapang akan melakukan penanaman padi serentak se-Kabupaten Ketapang. Penanaman serentak tersebut akan diikuti 18 Balai Penyuluh Pertanian (BPP) pada Kamis (14/10).

"Total ada ratusan hektare lahan pertanian yang akan mengikuti tanam serentak ini,” ungkapnya.

Tanam serentak ini akan dipusatkan di kawasan Pampang Seribu, Kecamatan Matan Hilir Utara dan diikuti serentak secara virtual di 18 BPP se-Kabupaten Ketapang.

“Daerah yang tidak terdapat jaringan internet juga tetap melakukan tanam serentak. Kita pusatkan di Pampang Seribu, karena kawasan ini merupakan salah satu kawasan yang sangat petensial untuk pengembangan kawasan pertanian,” paparnya.

Tidak hanya pertanian, lanjut Humaidi, di kawasan Pampang Seribu juga dikembangkan kawasan perkebunan dan peternakan.

"Di lokasi ini juga terkenal dengan kebun durian. Ada juga kawasan beternak sapi, tanaman jahe, termasuk lahan pertanian untuk tanaman pangan. Jadi kawasan tersebut cukup komplit,” ujarnya.

Dia menegaskan, kegiatan tanam serentak itu bertujuan untuk peningkatan ketahanan pangan melalui peningkatan luas tanam.

"Kita genjot tanam terus. Di luar tanam serentak besok, petani lainnya juga akan melakukan tanam padi, karena memang sudah memasuki masa tanam,” tukasnya. (Teo)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda