Ketapang post authorBob 15 November 2021

Siaga Darurat Bencana Banjir, Kodim 1203/Ketapang Ikuti Apel Gabungan

Photo of Siaga Darurat Bencana Banjir, Kodim 1203/Ketapang Ikuti Apel Gabungan Siaga Darurat Bencana Banjir, Kodim 1203/Ketapang Ikuti Apel Gabungan

KETAPANG, SP - Dandim 1203/Ktp, Letkol Kav Suntara Wisnu Budi Hidayanta. SH.M.Sc., menghadiri  Apel Kedaruratan Bencana Banjir Kabupaten Ketapang Tahun 2021 yang diikuti sekitar 100 Personel gabungan.

Tampak hadir unsur Forkopimda Ketapang, di antara beberapa pejabat teras Kabupaten Ketapang, yang berlangsung di halaman Kantor Bupati, Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Mulia Baru, Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang, Senin (14/11/2021).

Wakil Bupati (Wabup) Ketapang, H. Farhan SE., Msi, selaku pemimpin Apel Kedaruratan Bencana Banjir Kabupaten Ketapang Tahun 2021 dalam amanatnya mengatakan, saat ini intensitas hujan lebat disertai guntur, petir dan angin kencang di beberapa wilayah Kalbar khusunya Kabupaten Ketapang berdasarkan hal tersebut.

“Di antaranya adalah hasil analisa tersebut Pemkab Ketapang telah mengeluarkan surat keputusan Bupati Ketapang tentang penetapan status siaga darurat bencana banjir di Kabupaten Ketapang tahun 2021,” katanya.

“Kita ketahui bersama bahwa belakangan ini hujan dengan intensitas yang tinggi di wilayah Kabupaten Ketapang yang menyebabkan 9 Kecamatan terendam banjir di antaranya yaitu Kecamatan Simpang Hulu, Sungai Laur, Sandai, Nanga Tayap, Matan Hilir Utara, Muara Pawan, dan Kecamatan Delta Pawan,” ungkapnya.

Wabup juga menyebutkan melalui apel ini kita dapat mengetahui kekuatan personel serta sarana dan prasarana dalam rangka penanganan bencana banjir di Kabupaten Ketapang dan melihat perkembangan situasi.

“Di Kabupaten Ketapang, masih berpotensi hujan dengan intensitas tinggi sehingga harus menjadi perhatian serius dalam Penanganannya,”sebutnya.

Penanganan bencana banjir tidak bisa dilakukan sendiri sendiri melainkan harus dilakukan secara sinergis oleh semua pihak baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten, swasta dan masyarakat. melalui apel ini pula Sekali lagi jauh lebih keras cerdas dan tuntas dalam penanggulangan bencana banjir di Kabupaten Ketapang,”tandasnya.

Saat ditemui usai pelaksanaan apel, Dandim 1203/Ktp menyampaikan terkait Apel Kedaruratan Bencana Banjir Kabupaten Ketapang Tahun 2021, pihaknya selalu siap mendukung dalam mengantisipasi siaga darurat bencana alam.

“Tentunya akan selalu berkoordinasi dengan stakeholder lainnya dalam penangana, sehingga dapat segera diatasi degan cepat tepat dan komprehensif,” ujarnya.

Dikatakanya juga, Kodim 1203/Ktp juga sudah membentuk peleton Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) mengingat TNI dan unsur terkait lainnya merupakan garda terdepan dalam penanggulangan bencana sehingga dapat bertindak cepat dan tepat bila terjadi bencana. (*)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda