Ketapang post authorKiwi 16 November 2021

Kemenag Beri Perhatian Lebih ke Ponpes

Photo of Kemenag Beri Perhatian Lebih ke Ponpes Istimewa

KETAPANG, SP - Direktur Pendidik Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Republik Indonesia, Waryono Abdul Ghofur, melakukan kunjungan ke Ketapang, pada Sabtu (13/11). Di Ketapang, Waryono mengunjungi sejumlah pondok pesantren dan melakukan workshop tentang manajemen pondok pesantren.

Kunjungan Direktur Pendidik Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Republik Indonesia ke Kabupaten Ketapang disambut oleh Wakil Bupati Ketapang, Farhan. Farhan juga mendampingi saat melakukan kunjungan ke sejumlah pondok pesantren.

Waryono mengatakan, pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang tidak hanya mendidik anak tentang ilmu agama, namun juga mendidik anak tentang ilmu pengetahuan. Namun demikian, mutu pendidikan diniyah dan pesantren harus ditingkatkan agar bisa berkompetisi dengan lembaga pendidikan lain. “Kami di Kementerian Agama juga berupaya untuk bagaimana memiliki kepedulian lebih kepada pondok pesantren,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut Waryono, perlunya pemetaan regulasi dan potensi pesantren sebagai produsen ulama yang berperan di masyarakat dan berkontribusi pada Negara. Kemudian membuka data profil pendidik untuk menyertakan dalam sertifikasi pendidik dan pendidikan lanjut. “Selain itu juga, dibuka peluang kerjasama menyiapkan anggaran dan sarpras untuk mendukung pengembangan pesantren,” jelasnya.

Wakil Bupati Ketapang, Farhan, mengatakan selain melakukan silahturahmi kunjungan Direktur Pendidik Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Republik Indonesia dapat menjadi gambaran untuk pembangunan pondok pesantren yang representatif di Kabupaten Ketapang.

“Pemerintah Daerah akan memberikan perhatian dan pembinaan kepada pondok pesantren di Kabupaten Ketapang, karena keberadaan pondok pesantren ini juga membantu pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia,” kata Farhan.

Waryono mengunjungi Pondok Pesantren Hidayaturrahman, Pondok Pesantren Al-Ghufron, Pondok Pesantren Al-Baitul Atiq, Pondok Pesantren Darul Fadilah dan Pondok Pesantren Mambaul Khairat.

Kunjungan tersebut juga dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Kalbar, Kepala Kemenag Kabupaten Ketapang, Ketua MUI Ketapang, Ketua DPC NU Ketapang, dan lainnya. (Teo/PK)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda