Ketapang post authorKiwi 26 November 2020 125

KPU Ketapang Buka Pengurusan Pindah Memilih

Photo of KPU Ketapang Buka Pengurusan Pindah Memilih

KETAPANG, SP - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ketapang mengajak seluruh masyarakat yang mempunyai hak pilih untuk memberikan pilihannya dan tidak Golput pada Pilkada 9 Desember mendatang, satu diantara upaya yang dilakukan KPU untuk meminimalisir Golput yakni dengan mensosialisasikan kepada pemilih untuk mengurus pindah memilih atau formulir A5.

Ketua KPU Ketapang, Tedi Wahyudin mengatakan kalau pengurusan pindah memilih sudah dibuka pihaknya mulai saat ini hingga batas waktu tiga hari sebelum pelaksanaan Pemilihan.

“Saat ini kami telah membuka proses pindah milih masyarakat, masyarakat yang secara ketentuan memenuhi syarat silahkan mengurus pindah memilih,” katanya.

Tedi menjelaskan, masyarakat yang bisa mengurus pindah memilih adalah masyarakat yang namanya telah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) dengan alasan pindah memilih lantaran pada saat hari pemilihan sedang menjalankan tugas ditempat lain yang bukan ditempat terdaftar dalam DPT.

“Menjalani rawat inap atau keluarga yang mendapingi pasien, menjalani perawatan di panti sosial, rehabilitasi narkoba, menjadi tahanan di rutan atau lapas, tugas belajar, pindah domisili atau tertimpa bencana alam,” akunya.

Tedi mengaku, untuk kategori tersebut maka pihaknya mempersilahkan masyarakat agar segera membuat surat pindah memilih atau A5 agar tetap dapat memberikan hak pilihnya pada saat pemilihan.

“Caranya masyarakat melapor ke PPS asal dengan membawa bukti e-KTP untuk nantinya di cek oleh PPS apakah terdaftar di DPT atau tidak, kalau terdaftar maka akan dikeluarkan A5 oleh PPS namun jika tidak terdaftar maka tidak bisa mengurus pindah memilih dan yang bersangkutan tetap bisa memilih menggunakan e-KTP di TPS asal pada pukul 12.00 sampai 13.00 WIB,” terangnya.

“Namun bisa juga dilakukan pengurusan pindah milih ke KPU, misalkan ada masyarakat dari Kecamatan Sandai ada kegiatan di Kota Ketapang kemudian tidak sempat kembali mengurus pindah memilih ke PPS asal maka bisa mendatangi kantor KPU selama membawa e-KTP dan jelas tujuan memilih dan asal memilih terdaftar dimana,” tukasnya. (Teo)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda