Ketapang post authorKiwi 27 Januari 2021 114

Sebanyak 4.920 Vial Vaksin Tiba di Ketapang

Photo of Sebanyak 4.920 Vial Vaksin Tiba di Ketapang Istimewa

KETAPANG, SP - Pemerintah Daerah (Pemda) Ketapang resmi menerima 4.920 vial vaksin Covid-19. Vaksin Coronavac tiba dibawa dari Pontianak menuju ke Ketapang menggunakan pesawat Nam Air, Rabu (27/1) sekitar pukul 07.45 WIB.

Saat dikonfirmasi, Asisten II Setda Ketapang, Marwan Noor mengaku kalau Pemda sendiri telah melakukan langkah-langkah percepatan persiapan diantaranya akan melakukan Rapat Koordinasi kembali bersama tim gugus tugas Covid-19.

"Kita akan menstrategikan memvaksin sesuai standar kesehatan," ungkapnya.

Marwan melanjutkan, nantinya vaksin akan kita dahulukan tenaga kesehatan baik Puksesmas, Rumah Sakit hingga Dinas Kesehatan kemudian TNI, Polri, Satpol PP, seterusnya OPD pelayanan seperti Disdukcapil, Bapenda, Dinas Penanaman Modal dan pelayanan publik lainnya.

"Nanti tanggal 2 Februari kita akan launching pelaksaan vaksin di Puskesmas Sukabangun yang pertama Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Asisten dan wakil bupati terpilih juga," terangnya.

Sementara itu, Plt Dirut Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Agoesdjam Ketapang, Herman mengaku pihaknya siap dalam hal pelaksaan vaksin terlebih pihaknya sudah ada Komite Keselamatan Kerja (K3) yang sudah berkordinasi dengan Dinas Kesehatan.

"Kita siap baik dalam hal kedatangan hingga pelaksanaan vaksin nantinya," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Ketapang, Rustami mengatakan bahwa vaksin ini nantinya akan diberikan tidak hanya khusus Nakes, lantaran dari perhitungan pihaknya nakes berjumlah 1.990 orang.

"Sedangkan m vaksin yang datang 4.920, jadi kami akan langsung memberikan vaksin ini kepada petugas publik," jelasnya.

Pada 28 Januari ini, Dinkes Ketapang akan melakukan simulasi pelaksanaan pemberian vaksin di Puskesmas Suka Bangun. Untuk vaksinasi perdana akan dilaksanakan pada 2 Februari 2021.

"Tahap perdana nanti kami akan melakukan vaksinasi kepada pejabat daerah Kabupaten Ketapang sebanyak 10 orang, akan dilaksanakan di Kantor Bupati Ketapang," ucap Rustami.

Selain Bupati Ketapang, lanjut Rustami, vaksinasi perdana akan diberikan kepada Kadis Kesehatan, direktur rumah sakit dan unsur Forkopimda.

"Tapi hal tersebut, kami ingatkan dulu harus kita periksa dulu, kalau beliau-beliau tersebut tidak memenuhi syarat untuk divaksin, kami tidak akan memberikan vaksin kepadanya. Jadi satu hari sebelumnya kita cek dulu," terang Rustami.

Menurut Rustami, jika yang bersangkutan kontra indikasi terhadap vaksin, maka pihaknya tidak akan menyuntikkan vaksin tersebut. (Teo)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda