Ketapang post authorKiwi 28 Juni 2022

Sekda Hadiri Kegiatan Ritual Meruba Pencucian Pusaka Bosi Koling Tungkat Rakyat

Photo of Sekda Hadiri Kegiatan Ritual Meruba Pencucian Pusaka Bosi Koling Tungkat Rakyat Sekda Hadiri Kegiatan Ritual Meruba Pencucian Pusaka Bosi Koling Tungkat Rakyat

KETAPANG, SP - Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang Alexander Wilyo, S.STP., M.Si hadiri kegiatan Ritual Meruba Adat Meruba Kerajaan Hulu Aik Laman Sembilan Domong Sepuluh Pencucian Pusaka Bosi koling Tungkat Rakyat, Jum'at (24/6/2022) bertempat di Laman Sengkuang Kecamatan Hulu Sungai.

Acara ritual Meruba ini dilaksanakan dalam rangka pencucian pusaka Kerajaan Hulu Aik yang merupakan satu-satunya pusaka Kerajaan Dayak di Nusantara yang Masih tetap eksis dan merupakan simbol dan kebanggaan serta kekuatan spritual bangsa Dayak.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda mengatakan bahwa acara meruba ini merupakan agenda tahunan.

"Sejak sepuluh tahun terakhir kegiatan ini didukung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang walaupun secara bertahap," ujarnya.

Lebih lanjut, Sekda juga menjelaskan, bahwa kegiatan Ritual Adat Meruba merupakan tugas dari Raja Dayak untuk menjaga pusaka Bosi Koling Tungkat Rakyat yang merupakan simbol pemersatu, dan Raja Dayak Petrus Singa Bansa adalah satu-satunya Raja Dayak yang masih hidup sampai saat ini.

Turut hadir juga dalam kegiatan ini Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.Si.
Beserta Jajarannya. (Teo/PK)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda