Ketapang post authorKiwi 29 Juli 2021

Antusias Ikut Vaksinasi 200 Anak di Ketapang Over Kuota

Photo of Antusias Ikut Vaksinasi 200 Anak di Ketapang Over Kuota Ilustrasi. / net

 

KETAPANG, SP – Vaksinasi massal yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang di Pendopo Bupati Ketapang hanya menyiapkan kuota 200 vaksin, Rabu (28/7). Namun, antusias anak yang mendaftar melebihi (over) dari jumlah vaksin yang disediakan.

"Vaksin ini merupakan hak bagi anak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Saya juga ingin Indonesia cepat pulih dari pandemi ini, sehingga sekolah bisa dilakukan pembelajaran tatap muka (PTM) lagi," ujar Ketua Forum Anak Daerah Ketapang, Putri Nur Oktavia.

Putri merasa senang dengan adanya program vaksinasi untuk anak tersebut. Sehingga anak-anak di Ketapang juga dapat ambil bagian dalam menyukseskan program vaksinasi yang dilaksanakan pemerintah.

Putri mengatakan, memang belum ada ketentuan yang mewajibkan anak divaksin sebelum masuk sekolah. Namun, vaksin untuk anak ini adalah salah satu langkah memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Jika semua anak sudah divaksin, maka akan aman. Sehingga PTM bisa kembali dilakukan. Anak-anak sudah rindu sekali untuk sekolah," ungkapnya.

Dia mengimbau anak-anak di Ketapang agar tidak takut untuk divaksin. Sebab, vaksinasi ini untuk melindungi anak-anak, supaya kedepan Indonesia semakin maju.

“Ayo buka lagi pikiran kita. Kita semua mau sehat dan mau semuanya kembali normal. Jadi ayo ikut vaksin yang diadakan pemerintah," ajak Putri.

Sedangkan Ketua Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Ketapang, Harlisa mengatakan, kuota vaksin untuk anak-anak pada vaksinasi kali ini sebanyak 200 dosis. Namun jika dilihat dari antusias anak-anak yang mengikuti vaksinasi ini, jumlah tersebut masih kurang. Dia berharap, kuota vaksin untuk anak ditambah lagi.

"Anak-anak rindu untuk segera PTM, sehingga perlu melindungi diri untuk divaksin. Vaksin ini adalah program dari pemerintah, juga merupakan bagian dari pemenuhan kesehatan anak. Ini perlu didukung. Mudah-mudahan pelaksanaan vaksinasi untuk anak-anak bisa terus berlanjut," harapnya.

Harlisa meminta Dinas Kesehatan Ketapang menyikapi tingginya antusias anak untuk mengikuti vaksinasi. "Untuk mendaftar saja sudah over, jadi boleh lagi ditambah kuota vaksin untuk anak. Anak-anak mulai sadar untuk melindungi diri mereka dari virus. Dan orangtua juga sadar perlindungan untuk anak itu sangat penting," tegasnya.(teo)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda