Ketapang post authorKiwi 30 November 2020 451

Domong Adat Banua Simpang Resmi Dikukuhkan dan Dilantik

Photo of Domong Adat Banua Simpang Resmi Dikukuhkan dan Dilantik

KETAPANG, SP - Selain pelaksanaan peresmian Rumah Adat Dayak Simpang Hulu, dalam kesempatan tersebut juga turut dilaksanakan pengukuhan yang dipimpin langsung oleh Raja Ulu Aik, Petrus Singa Bansa terhadap para domong adat.

Sebelum prosesi adat pengukuhan dilakukan terlebih dahulu makan beradat yang diikuti seluruh pihak yang hadir dalam kesempatan tersebut.

Pengukuhan domong adat diantaranya LM Arif yang dikukuhkan sebagai Kanuroh Awan III Banua Simpang beserta para pateh, dan Tamongokng Adat 15 Desa se-Kecamatan Simpang Hulu serta dilaksanakan juga pelantikan dan pengukuhan pengurus lembaga adat kenduruhan awan III Banua Simpang.

“Daulat duwata di pucuk mengukup di bawah menengadah, dan atas restu para leluhur serta raja-raja ulu aik sebelum saya, maka dengan ini saya Petrus Singa Bansa Raja Ulu Aik ke-51 resmi mengukuhkan dan melantik saudara-saudara sebagai domong adat Banua Simpang diantaranya LM Arif sebagai Kanuroh Awan III Banua Simpang, para Pateh 15 Desa se Banua Simpang, para Tamongokng 15 Desa se Banua Simpang dan seluruh pengurus lembaga adat kenduruhan awan III Banua Simpang,” ungkap Raja Ulu Aik dalam maklumatnya.

Raja Ulu Aik berharap, agar semua yang telah dilantik dan dikukuhkan diberikan kekuatan dan petunjuk dalam menjalankan tugas, tanggung jawab dan wewenang baik sebagai Domong Adat dan Pengurus Lembaga Adat Banua Simpang.

“Semoga semua dapat menjaga, mempertahankan dan menegakkan hukum adat, adat istiadat, ritual adat, tradisi adat dan budaya dayak di Banua Simpang, dengan sejujur-jujurnyanga dan seadil-adilnya,” harapnya. 

Pada rangkaian acara pengukuhan para domong adat se-Kecamatan Simpang Hulu juga dilaksanakan pemberian dan pengukuhan gelar adat Patih Jaga Banua kepada Alexander Wilyo oleh Raja Ulu Aik, P. Singa Bansa bersama Kanuroh, serta seluruh Pateh dan Tamongongk adat, selaku tokoh adat dan tokoh masyarakat dayak kabupaten ketapang yang konsisten memperjuangkan, melestarikan, mempertahankan dan menjaga adat istiadat, tradisi serta budaya dayak di kabupaten ketapang. (Teo/PK)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda