Kubu Raya post authorBob 02 Maret 2021 114

Bantu Pemda Kejar Ketertinggalan, Kodam XII/Tpr Gulirkan Program TMMD ke-110

Photo of Bantu Pemda Kejar Ketertinggalan, Kodam XII/Tpr Gulirkan Program TMMD ke-110 TANDA TANGAN - Dandim 1201/Mph menandatangani berkas kerja TMMD Reguler ke-110 yang berlangsung di Kabupaten Landak, Selasa (2/3/2021).

KUBU RAYA, SP - Desa-desa di wilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah masih banyak yang belum menikmati sepenuhnya dari pembangunan.

Membantu pemerintah mengejar ketertinggalan tersebut, Kodam XII/Tanjungpura kembali menggulirkan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110.

Kegiatan ini dilaksanakan di tiga desa di wilayah Kodam XII/Tpr.

TMMD ke-110 di wilayah Kodam XII/Tpr dibuka secara serentak pada Selasa (2/3/2021), pada tiga wilayah Kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

TMMD dibuka oleh masing-masing pemerintah daerah dan Dansatgas TMMD, yang dilaksanakan tanpa upacara.

Wakapendam XII/Tpr, Letkol Kav Edi Supriyadi menjelaskan, kegiatan TMMD yang mengambil tema,"TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri" dilaksanakan di wilayah Korem 102/Pjg, tepatnya di Kabupaten Kapuas. Wilayah Korem 121/Abw dilaksanakan di dua kabupaten yaitu Kabupaten Landak dan Kapuas Hulu.

"Ada tiga Kodim yang akan melaksanakan TMMD, yaitu Kodim 1011/Klk di Desa Saka Lagun, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas, kemudian Kodim 1201/Mph di Desa Tolok, Kecamatan Menyuke, Kabupaten Landak. Satu lagi, Kodim 1206/Psb di Desa Hulu Pengkadan, Kecamatan Pengkadan, Kabupaten Kapuas Hulu," terang Wakapendam.

Adapun tujuan TMMD kali ini, Wakapendam menambahkan, adalah untuk membantu pemerintah daerah dalam percepatan dan pemerataan pembangunan di wilayah, khususnya pedesaan.

"TMMD ini adalah wujud bhakti TNI untuk mengakselerasi pembangunan di desa," tambahnya.

Selanjutnya Wakapendam mengatakan, pelaksanaan TMMD akan dilaksanakan selama 30 hari, yang nantinya akan terbagi dalam dua kegiatan yaitu fisik dan non fisik.

Untuk kegiatan fisik, Satgas TMMD Kodim 1011/Klk akan melaksanakan pembangunan jalan rabat beton sepanjang 1200 meter, renovasi tempat ibadah, dan pembangunan jamban.

Satgas TMMD Kodim 1201/Mph akan melaksanakan peningkatan jalan sepanjang 5 km dari Dusun Sedange menuju Dusun Palah, rehap jembatan beton 1 unit dan pembuatan box kayu sebanyak 9 unit.

Kemudian, Satgas TMMD Kodim 1206/Psb akan melaksanakan pembukaan badan jalan sepanjang 3.8 km lebar 8 mtr, pembuatan jembatan sebanyak 7 unit dan pembuatan gorong-gorong sebanyak 9 unit.

"Sedangkan untuk kegiatan non fisik, masing-masing Satgas TMMD akan melaksanakan penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat di lokasi TMMD bekerja sama dengan instansi terkait lainnya,” ujarnya.

Kegiatan non fisik ini lebih mengutamakan pembangunan sumber daya manusia. Sehingga diharapkan dengan peningkatan SDM masyarakat nantinya bisa mandiri membangun daerahnya," tutup Letkol Kav Edi Supriyadi. (dam)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda