Kubu Raya post authorBob 16 Oktober 2020 148

Danlanud Supadio dan Kepala Bandara Khusus Smart Semelagi, Tandatangani LOCA

Photo of Danlanud Supadio dan Kepala Bandara Khusus Smart Semelagi, Tandatangani LOCA Danlanud Supadio dan Kepala Bandara Khusus Smart Semelagi, Tandatangani LOCA

KUBU RAYA, SP - Komandan Lanud (Danlanud) Supadio, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Palito Sitorus, S.I.P., M.M, melaksanakan penandatanganan Letter of Operational Coordination Agreement (LOCA) dengan Kepala Bandara Khusus Smart Semelagi Fransiskus.

LOCA sendiri berisikan tentang penggunaan ruang udara di Military Training Area (MTA). Kegiatan tersebut berlangsung di VIP Room Lanud Supadio, Jumat (16/10/2020).

Danlanud Supadio mengungkapkan bahwa setiap pihak harus mengerti dan memahami isi dari perjanjian yang akan dilaksanakan tersebut. Ia mengakui, bahwa ini momen penting bagi kedua belah pihak agar masing-masing mengetahui kewajiban maupun hak yang dimiliki.

“Terlebih dalam operasional bandara merupakan hal yang perlu ditindaklanjuti karena masuk dalam wilayah pembinaan dirgantara khususnya dibawah naungan TNI AU,” kata Marsma TNI Palito Sitorus, S.I.P., M.M.

LOCA ini pun menjadi sangat penting, mengingat wilayahnya masuk ke dalam Training Area Lanud Supadio sehingga pemahaman akan pentingnya keselamatan penerbangan harus menjadi perhatian utama dalam kesepakatan yang wajib dipatuhi.

“Selama tidak mengganggu keselamatan penerbangan dan tidak mengganggu latihan TNI AU, akan dapat terlaksana,” tegas Danlanud.

Dengan adanya kerjasama ini, menurutnya juga membantu dalam kegiatan pemberdayaan wilayah pertahanan dan pembinaan potensi dirgantara.

Sedangkan Kepala Bandara Khusus Smart Semelagi, Fransiskus selaku pihak kedua dalam perjanjian tersebut mengucapkan terima kasih atas terwujudnya kerjasama sebagai dasar dan panduan dalam membangun serta mengoperasikan bandara khusus ini.

“Kami mengucapkan terima kasih dan akan mematuhi isi dari perjanjian yang akan ditandatangani bersama ini. Apabila ada perubahan dan hal yang perlu dimusyawarahkan kembali, kami akan selalu hadir untuk mencari solusi bersama,” ujar Fransiskus.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penandatanganan LOCA yang disaksikan oleh para pejabat Lanud Supadio dan tim PT.SCA selaku operator Bandara Khusus Smart Semelagi. (mul)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda